10 Kota Terbaik dan Terburuk Buat Kutu Buku, Jakarta Nomor Berapa?

tim | CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 05:30 WIB
Berikut 10 kota terbaik dan terbukuk di dunia untuk para kutu buku. Berikut 10 kota terbaik dan terbukuk di dunia untuk para kutu buku. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perkembangan teknologi memungkinkan manusia bisa untuk bisa membaca buku secara digital. Namun, bagi beberapa orang, buku fisik jauh lebih menyenangkan dibanding buku digital.

Tak ada yang salah dengan keduanya, ini hanya soal preferensi.

Namun masihkah dunia ini dipenuhi dengan kutu buku? Mengutip The Knowledge Academy, bagi Anda pecinta buku, ada 10 kota terbaik buat kutu buku.


Untuk menentukan ibu kota mana di dunia yang terbaik untuk pecinta buku, mereka mengumpulkan data tentang populasi setiap kota besar dan berapa banyak toko buku dan perpustakaan yang dimiliki masing-masing kota.

Kota terbaik di dunia untuk para kutu buku

1. Berlin

Berlin adalah ibu kota nomor satu dunia bagi pecinta buku. Mencetak 9,21 dari 10 secara keseluruhan, ibu kota Jerman ini juga mencetak skor tertinggi untuk toko buku (10 dari 10) dengan nilai perpustakaan yang baik (8,42 dari 10).

2. Tokyo

Tokyo bukan cuma jadi kota yang dikenal dengan kebebasan ekspresi dan streetstylenya, tapi juga kota buat para kutu buku.

Dengan skor 8,69 secara keseluruhan, ibu kota Jepang ini terkenal denganbudaya toko bukunya yang unik.

3. Buenos Aires & Roma

Kedua kota ini sama-sama punya skor keseluruhan 8,68 dari 10 adalah Buenos Aires dan Roma. Buenos Aires mendapat skor tertinggi kedua untuk toko buku (9,47 dari 10), sementara 'Kota Abadi' Italia mengklaim skor perpustakaan terbaik kedua secara keseluruhan (9,47 dari 10).

Ateneo Grand Splendid di Buenos Aires telah diakui sebagai toko buku terindah di dunia, bertempat di sebuah teater antik yang diawetkan.NamunMuseo del Louvredi Roma mendorong persaingan tinggi dengan koleksi barang antik dan buku koleksinya yang unik di antara arsip antiknya yang luas.

5. Madrid

ibu kota Spanyol ini adalah tempat terbaik kelima bagi pecinta buku dengan skor 7,9 dari 10, Di samping skor toko bukunya yang tinggi (8,95), Madrid juga menawarkan pameran buku tahunan Feria del Libro kepada para pecinta buku.

6. London

Di tempat keenam, ibu kota Inggris memiliki nilai perpustakaan dan toko buku yang bagus (keduanya 7,37) dan skor keseluruhan yang tinggi yaitu 7,37 dari 10.

7. Seoul

Di tempat ketujuh dan skor 7,11 dari 10 secara keseluruhan, ibukota Korea Selatan memiliki skor perpustakaan tertinggi (10 dari 10).

8. Singapura

Dengan skor 6,06 secara keseluruhan, Singapura adalah ibu kota terbaik kedelapan bagi pecinta buku.

9. Meksiko

Kota ini menjadi ruang sastra dengan pemandangan indah dan punya nilai 5,53 dari 10 secara keseluruhan,

10. Lima

Lima memiliki skor 5,26 dari 10 secara keseluruhan.Para pecinta buku dapat mencari kenyamanan (dan makanan) di Casatomada Library Café atau toko buku Librería El Virrey yang kuno di Miraflores.

Ilustrasi membaca majalahFoto: Kaboompics
Ilustrasi membaca buku


Lalu mana kota terburuk di dunia untuk para pecinta buku? Ada di posisi berapa Jakarta? 

1. Kinshasa

Negara di Kongo ini mendapatkan total skor 0 dengan skor perpustakaan dan toko buku 0.

2. Jakarta

Jakarta ternyata juga menempati posisi dua kota terburuk di dunia soal buku. Skor yang didapatkan hanya 0,53 dari 10.

3. Riyadh

Saudi Arabia juga punya nilai rendah 1,05 dari 10.

4. Amman

Kota di Jordania ini memiliki skor 2,11 dari 10 dengan angka lebih tinggi di toko buku (2,63) daripada perpustakaan (1,58).

5. Hong Kong

Hong Kong mendapatkan nilai 2,37 dari 10 dengan angka perpustakaan 2.11 dan 2,63 dari 10.



(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER