9 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering agar Kembali Sehat

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 16:10 WIB
Rambut kering biasanya terjadi akibat kebiasaan dan perawatan rambut yang tidak tepat. Agar rambut kembali sehat, berikut cara mengatasi rambut kering. Ilustrasi. Penyebab dan cara mengatasi rambut kering (Istockphoto/ Gpointstudio)
, CNN Indonesia --

Rambut kering merupakan kondisi yang terjadi ketika rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kebiasaan serta perawatan rambut yang tidak tepat.

Untuk membuat rambut kembali sehat, ketahui penyebab dan cara mengatasi rambut kering berikut.

Penyebab rambut kering beragam, termasuk kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, hingga kekurangan nutrisi.

Tak cuma itu, rambut kering umumnya ditandai dengan hilangnya kemampuan rambut dalam menyerap nutrisi untuk mempertahankan kelembapan yang cukup. Padahal kelembapan ini berfungsi untuk menjaga tekstur dan kecerahan rambut.

Penyebab Rambut Kering

Ilustrasi cuaca panasIlustrasi. Penyebab rambut kering (iStock/Pheelings Media)

Rambut kering sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab rambut kering ini bisa berasal dari dalam dan dari luar, sebagai berikut.

1. Kekurangan gizi

Saat seseorang kekurangan gizi, ternyata tak hanya berdampak bagi tubuh saja, namun juga bisa berdampak pada rambut yang akan menjadi lebih kering karena kekurangan nutrisi.

Untuk itu, menjaga pola makan sehat dapat membantu rambut tetap kuat dan berkilau. Makanan mengandung asam lemak esensial seperti omega-3 adalah kunci kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Kemudian makanan mengandung B6, B12, asam folat, serta protein juga baik untuk menjaga kesehatan rambut.

2. Paparan sinar matahari

Faktor berikutnya adalah paparan dari sinar matahari dengan intensitas tinggi dan juga sering. Panas dari sinar matahari perlahan akan mengurangi kelembapan dari rambut.

3. Terlalu sering keramas

Mencuci rambut sangat penting untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Akan tapi, keramas juga tidak boleh terlalu sering.

Jika terlalu sering hal ini justru akan membuat kelembapan alami rambut berkurang sehingga menjadikannya kering bahkan rusak. Idealnya, cukup keramas 1 hingga 2 kali saja seminggu.

4. Kebanyakan styling rambut

Penggunaan produk alat penata rambut yang menghasilkan panas seperti catok pelurus atau pengeriting dan hair dryer juga menjadi faktor penyebab rambut kering.

Pasalnya, suhu tinggi lebih dari 175 derajat Celcius yang berasal dari alat catok maupun hair dryer dapat mengurangi kekuatan rambut yang menyebabkan tiap helai rambut menjadi rapuh. 

Cara Mengatasi Rambut Kering

Long hair care routine. Oil for head. Girl holding dropper with castor mask near end. Bathroom natural protectionIlustrasi. Cara mengatasi rambut kering. (iStockphoto/Elena Safonova)

Apabila Anda mengalami masalah ini, ada sejumlah cara mengatasi rambut kering yang bisa dilakukan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Oleskan minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan rambut, termasuk untuk mengatasi masalah rambut kering.

Minyak zaitun mengandung emolien seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene yang punya efek melembutkan, mengutip Healthline.

Mengaplikasikan minyak zaitun ke batang rambut dapat memperkuat rambut dengan menembus batang rambut sekaligus menjaga kelembapan dan menghaluskan kutikula luar rambut.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengaplikasikannya ke rambut dan pijat-pijat hingga minyak zaitun ini meresap sampai ke akar.

2. Pakai masker minyak kelapa

Selain menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah kekeringan pada rambut. Melansir Medical News Today, minyak kelapa memiliki efek menenangkan dan melembapkan saat dioleskan ke rambut.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut alami lalu dibilas sampai bersih.

Cara mengatasi rambut kering, lanjut sebelah...

Cara Mengatasi Rambut Kering

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER