7 Cara Menghilangkan Milia di Wajah

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 14:30 WIB
Pernahkah Anda mendapati benjolan kecil di wajah tapi bukan jerawat? Mungkin saja itu milia. Untuk mengatasinya, berikut cara menghilangkan milia. Pernahkah Anda mendapati benjolan kecil di wajah tapi bukan jerawat? Mungkin saja itu milia. Untuk mengatasinya, berikut cara menghilangkan milia. (iStockphoto/vchal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pernahkah Anda mendapati benjolan kecil di wajah tapi bukan jerawat atau komedo? Mungkin saja itu milia.

Milia muncul di kulit wajah berupa bintik atau benjolan kecil-kecil berwarna putih. Biasanya benjolan ini muncul lebih dari satu dan tumbuh di sekitar hidung dan bawah mata.

Milia sebenarnya bisa hilang atau sembuh sendiri tanpa pengobatan. Tapi ada juga yang perlu perawatan khusus jika kondisi milia cukup banyak dan parah. Untuk mengatasinya, berikut cara menghilangkan milia.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, kemunculan milia sering dianggap mengganggu lantaran kulit wajah jadi tampak tidak mulus.

Selain itu, warnanya yang cenderung putih, kontras dengan warna kulit membuat milia jadi sangat kentara.


Penyebab Munculnya Milia

Focused beautiful young woman looking at herself in the bathroom mirror at homeIlustrasi. Penyebab milia yang muncul pada kulit wajah (Istockphoto/Wavebreakmedia)

Dilansir dari Healthline, milia tidak hanya dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia, melainkan juga pada bayi yang baru lahir. Berikut penyebabnya.

  • Penyebab milia pada bayi baru lahir

Penyebab milia pada bayi baru lahir memang tidak diketahui secara pasti. Tapi hal ini sering diartikan sebagai jerawat bayi yang pemicunya berasal dari perubahan hormon ibu.

Milia pada bayi tidak menyebabkan peradangan atau pembengkakan dan biasanya akan berkurang dengan sendirinya sampai dua hingga empat minggu setelah lahir.

  • Penyebab milia pada anak-anak sampai orang dewasa

Sementara pada anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai lanjut usia, kemunculan milia dapat disebabkan oleh pengaruh kerusakan jaringan kulit.

Seperti penggunaan krim steroid jangka panjang, luka melepuh, luka bakar, efek dermabrasi dan pelapisan laser kulit, tanda penuaan, terkena paparan racun, dan banyak lagi.


Cara Menghilangkan Milia

A woman in a beauty salon during a laser treatment.Ilustrasi. Cara menghilangkan milia (stockphoto/robertprzybysz)

Cara menghilangkan milia pada bayi tidak ada perawatan khusus karena dalam banyak kasus dapat bersih dengan sendirinya.

Tapi pada orang yang lebih dewasa, milia dapat hilang dengan beberapa metode perawatan, di antaranya:

1. Retinoid topikal

Retinoid topikal merupakan krim kulit yang mengandung vitamin A tinggi untuk membantu pengelupasan sehingga milia dapat pudar dan kulit mengalami regenerasi.


2. Pengelupasan kimia

Kemudian ada juga pengelupasan kimia atau dikenal sebagai prosedur chemical peels. Proses peeling ini menggunakan bahan zat kimia khusus untuk membantu pengelupasan lapisan kulit pertama sekaligus merangsang kulit baru.


3. Krioterapi

Pilihan perawatan lainnya ada krioterapi berupa nitrogen cair yang dapat membekukan milia. Ini adalah salah satu metode menghilangkan milia yang paling sering digunakan.


4. Deroofing

Deroofing adalah prosedur bedah sederhana dengan menggunakan jarum steril yang dikhususkan untuk mengambil isi kista atau benjolan milia yang berwarna putih.


5. Ablasi laser

Sementara metode ablasi laser adalah laser kecil dengan fokus hanya pada titik-titik tertentu di area yang terdapat milia. Tapi cara ini tidak instan dan harus dilakukan berkala.

6. Diatermi

Diatermi termasuk terapi gelombang panas frekuensi tinggi yang cukup efektif dalam menghancurkan milia sekaligus menyamarkan tampilannya.


7. Destruction curettage

Sementara destruction curettage bisa dikatakan operasi minor karena melakukan pembedahan pada area kulit yang terkena milia.

Itulah cara menghilangkan milia pada wajah. Tapi pastikan Anda tidak memencet milia dengan tangan kotor sembarangan yang berisiko menimbulkan infeksi hingga luka parut pada kulit.

Gif banner Allo Bank

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER