7 Cara Membuat Telur Ceplok yang Enak dan Mudah

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 11:15 WIB
Telur ceplok sebenarnya bisa divariasikan menjadi menu yang mewah dan rasanya tak membosankan. Berikut kumpulan cara membuat telur ceplok yang enak. Telur ceplok sebenarnya bisa divariasikan menjadi menu yang mewah dan rasanya tak membosankan. Berikut kumpulan cara membuat telur ceplok yang enak. (iStockphoto/antares71)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telur ceplok atau telur goreng mata sapi merupakan salah satu menu paling praktis dan mudah. Lauk ini bahkan sering diandalkan ketika kehabisan ide membuat masakan.

Meski sederhana, telur ceplok sebenarnya bisa divariasikan menjadi menu yang mewah dan rasanya tak membosankan. Berikut kumpulan cara membuat telur ceplok yang enak untuk Anda coba.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau.


1. Telur Ceplok Pontianak

Fried Egg over Brown Rice with Soy Sauce and Sesame Seeds.Ilustrasi. Cara membuat telur ceplok yang enak bisa diolah menjadi beragam menu, termasuk telur ceplok Pontianak (iStockphoto/4kodiak)

Resep telur ceplok Pontianak ini sebelumnya cukup viral di media sosial karena dimasak bersamaan dengan bawang putih tumis, kemudian disiram kecap asin khas.

Untuk rasanya sendiri tentu nikmat, perpaduan antara gurihnya telur ditambah bawang putih serta kecap. Proses memasaknya tidak lama, sekitar 5 menit sudah siap disantap bersama nasi putih hangat.


2. Telur Ceplok Sambal Matah

Kalau resep berikut, telor ceploknya menggunakan topping sambal matah khas Bali. Menambahkan sambal matah pada telur ceplok memberi sensasi rasa yang lebih segar dan sedikit pedas saat disajikan bersama nasi.

Anda cukup ceplok telur seperti biasa lalu membuat sambal matah dengan bumbu iris yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, daun jeruk purut, perasan lemon, serta minyak kelapa.

Setelah sambal matahnya jadi, tuang di atas telur ceplok dan Anda sudah bisa menikmati makanan sederhana dengan cita rasa nusantara.


3. Telur Ceplok Saus Tiram

Cara membuat telur ceplok yang enak selanjutnya menggunakan saus tiram serta campuran bawang bombay dan irisan cabai. Hasilnya akan memberikan sensasi rasa gurih sedikit pedas.

Cara membuat telur ceplok saus tiram ini sangat mudah. Pertama ceplok telur lalu sisihkan, kemudian tumis bawang bombay, cabai, dan daun bawang. Setelah keluar aroma harum bawang, tambahkan saus tiram dan masukkan telur, aduk rata dan sajikan.


4. Telur Ceplok Balado

Close up of caucasian woman breaking egg and making sunny side up eggs. Domestic kitchen interior. Breakfast preparation.Ilustrasi. Cara membuat telur ceplok yang enak dengan dimasak balado. (iStockphoto/dusanpetkovic)

Masih punya bumbu balado sisa tapi bingung dimasak apa? Langsung eksekusi saja dengan telur ceplok, atau bisa ditambah potongan dadu tempe sebagai pelengkap.

Cara memasaknya mudah, tinggal ceplok telur sisihkan. Selanjutnya goreng tempe sampai matang dan sisihkan. Kemudian tumis bumbu balado sampai wangi, tambahkan telur dan tempe, aduk, dan sudah bisa jadi lauk makan yang enak.

5. Telur Ceplok Bumbu Rendang

Olahan telur ceplok bumbu rendang berikut bisa menjadi alternatif apabila Anda sedang tidak punya daging. Sementara untuk bumbunya dapat menggunakan bumbu rendang instan.

Yang pertama dilakukan membuat ceplok telur seperti biasa. Lalu masak bumbu rendang sesuai petunjuk di kemasan dan campur ke dalam telur ceplok. Santap menu ini untuk hidangan makan siang.


6. Telur Ceplok Lada Cabai Garam

Kalau biasanya bumbu lada cabai garam dimasak untuk tahu, tempe, seafood, atau daging ayam, sesekali bisa juga dicoba menggunakan telur yang murah meriah tapi tetap enak.

Setelah telurnya diceplok, tumis bawang putih dan cabai yang sudah dicincang, lalu tambahkan sedikit lada serta garam. Di tahap akhir masukkan telur ceplok aduk rata untuk disajikan.


7. Semur Telur Ceplok

Cara membuat telur ceplok yang enak bisa dimasak bumbu semur. Menu semur telur ceplok ini memiliki kuah kecokelatan dengan rasa manis gurih. Pertama, ceplok beberapa telur dan sisihkan.

Tahap kedua tumis bumbu semur, serai sampai matang. Tambahkan air, kecap manis, bumbu pelengkap, terakhir masukkan telur dan masak sampai warnanya kecokelatan lalu siap dinikmati dengan nasi hangat serta taburan bawang goreng.

Gif banner Allo Bank

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER