7 Cara Membuat CV Menarik agar Sukses Seperti Bill Gates

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 13:30 WIB
CV menjadi salah satu kunci utama dalam karier. Ada beberapa cara membuat CV yang menarik. Salah satu kuncinya adalah tak perlu lebay pamer pengalaman kerja. Ilustrasi. Ada beberapa cara membuat CV yang menarik. (Istockphoto/Sitthiphong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tak ingin sukses seperti pendiri Microsoft Bill Gates? Punya karier mentereng hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia tentu jadi impian banyak orang.

Salah satu kunci sukses di dunia kerja dimulai dari resume atau curriculum vitae (CV). CV menjadi hal pertama yang dilirik perusahaan dari diri Anda.

Maka dari itu, penting untuk memastikan CV Anda menarik perhatian perusahaan. Ada beberapa cara membuat CV agar terlihat menarik yang bisa Anda ikuti.

Melansir Business News Daily, umumnya perusahaan hanya akan menengok CV para pelamar dalam waktu singkat. Dengan demikian, penting untuk memastikan CV terlihat menarik.

Sebuah studi yang dilakukan Zippia menemukan, CV yang menarik juga berpotensi meningkatkan penghasilan hingga 7 persen.

Cara Membuat CV

CV harus memberikan informasi yang jelas, ringkas, dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Berikut beberapa tips membuat CV yang bisa diikuti.

1. Buat dengan singkat

Aturan pertama dalam menulis CV adalah membuatnya singkat dan to the point. Jangan sampai panjang CV melebihi satu halaman.

Anda tak perlu menyertakan semua pengalaman kerja. Cukup sertakan pengalaman kerja dan berorganisasi yang relevan dengan posisi kerja yang diinginkan.

2. Buat desain sendiri

Portrait of young Indian female client or candidate sitting at table, talking to senior male manager and smiling in office. Job interview or consultancy conceptIlustrasi. Ada beberapa cara membuat CV yang menarik. (Istockphoto/MangoStar_Studio)

Perusahaan akan menghargai orisinalitas. Anda disarankan untuk merancang desain atau template resume sendiri.

Survei Zippia menemukan, lebih dari 60 persen manajer HRD menganggap resume yang terlihat orisinal dan menarik meningkatkan peluang pelamar untuk mendapatkan pekerjaan.

"Saya sering tak melirik resume yang hanya menggunakan template dari Microsoft Office," ujar salah satu manajer HRD perusahaan, Claire Bissot.

3. Fokus pada kemampuan dan pengalaman yang relevan

Anda perlu tahu, menggunakan CV yang sama untuk setiap pekerjaan yang diinginkan bukanlah cara yang tepat.

Sebaliknya, Anda justru harus membuat CV yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang diinginkan. Pastikan untuk memperlihatkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang terkait. Tak perlu terlalu pamer pengalaman kerja segudang, apalagi yang tak relevan.

Pilih tiga atau empat pengalaman sebelumnya yang paling menonjolkan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Jika Anda merupakan seorang fresh graduate, maka berikanlah informasi pengalaman lain yang relevan. Misalnya saja pengalaman berorganisasi semasa kuliah.

Simak cara membuat CV lainnya di halaman berikutnya..

Cara Membuat CV Menarik agar Sukses Seperti Bill Gates

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER