Tren Baju Crop Top Citayam Fashion Week, Tak Cuma Buat Wanita

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 18:00 WIB
Tren baju crop top mendadak naik daun. Di Citayam Fashion Week, baju satu ini juga dikenakan oleh pria. Ilustrasi. Menilik sejarahnya, tren baju crop top memang tak hanya digunakan kaum hawa. (iStockphoto/Deagreez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ale, remaja asal Citayam, selalu berusaha tampil modis saat nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Tren baju crop top yang umum dikenakan kaum hawa pun dikenakannya.

Semua dilakukan demi melangkah ke panggung mode sekelas Jakarta Fashion Week hingga Paris Fashion Week, meski harus dihujat netizen.

"Itu gara-gara pakai crop top, semua full hujatan [di TikTok]. Gue mau edukasi sedikit untuk temen-temen, bahwa crop top pada 1970 dibuat pertama kali untuk laki-laki yang ingin berolahraga di gym, tapi dia enggak mau telanjang dada, maka diciptakanlah crop top," ungkap Ale seperti dikutip dari detikcom.

Rasanya apa yang dikatakan Ale memang benar. Jika menilik sejarahnya, crop top memang dikenakan oleh pria dan wanita.

Tren Baju Crop Top Wanita

Berikut nukilan sejarah baju crop top dari masa ke masa.

1940-1960-an

Tren ini populer di kalangan wanita sejak 1940-an. Seperti dinukil dari laman Start Up Fashion, kala itu crop top hadir dengan potongan kerah tinggi, lengan pendek, dan dipadukan dengan rok midi berpinggang tinggi.

Sebagian wanita yang merasa crop top terlalu terbuka akan memadukannya dengan atasan halter.

Tren baju crop top seperti ini bertahan hingga 1950-an. Kemudian pada 1960-an, crop top diberi aksen rumbai (fringe) yang kerap ada pada jaket orang-orang hippie.

1970-an

Remaja asal Citayam, Depok, Jawa Barat dikerubungi sejumlah remaja di kawasan BNI City, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (5/7).Ilustrasi. Tren baju crop top tampil di fenomena Citayam Fashion Week. (CNNIndonesia/Syakirun Niam)

Tren ini kembali lagi dengan gaya berbeda. Garis bawah semakin naik, sementara padanan bawahan semakin turun. Penyanyi Cher sempat mempopulerkan crop top. Tren ini pun terus berkembang hingga 1980-an.

1980-an

Di 1980-an, tubuh yang atletis dan sporty sedang nge-tren. Baju crop top pun sempurna untuk memamerkan tubuh ideal tanpa kesan pamer terlalu banyak.

Ingat penyanyi Madonna? Dialah yang mempopulerkan tampilan ala 'aerobik' dengan cropped sweater dipasangkan dengan tank top.

1990-an

Tren baju crop top pun berkembang hingga 1990-an. Budaya pop seolah membuatnya semakin nge-tren. Apalagi, crop top banyak dikenakan artis-artis. Britney Spears, Christina Aguilera, Spice Girls memadukan crop top dengan low-rise jeans.

2000-kini

Seolah tak pernah mati, crop top masih diminati hingga kini. Crop top kekinian dipadukan dengan bawahan berpinggang tinggi. Tren kali ini mengingatkan akan tren di 1940-1950-an.

Tren Baju Crop Top Pria

Baju crop top jadi bagian dari gaya berbusana pria sejak lama. Sejak 1970-an, crop top dikenakan pria. Dulu, tak seperti wanita, pria tidak sebebas itu memamerkan pusar.

Seperti dikutip dari My Native Fashion, gym atau pusat kebugaran melarang pria berolahraga tanpa atasan atau kaos. Dari sini, pria pun mengenakan crop top.

Tren baju crop top pun meluas dan diterima hingga kalangan rapper dan atlet football AS.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER