'Hermes Es Krim' China Dikecam Netizen Gara-gara Tak Bisa Meleleh

tim | CNN Indonesia
Jumat, 08 Jul 2022 11:21 WIB
Sebuah merek es krim asal China yang pernah dijuluki ilustrasi ice cream hermes dari china(Tangkapan layar web zhongxuegao.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah merek es krim asal China yang pernah dijuluki "Hermes es krim" dikecam netizen lantaran es krimnya disebut-sebut tak bisa meleleh.

Warganet menyebut bahwa beberapa produk es krim populer Chicecream tidak meleleh - bahkan ketika dipanggang dengan blow torch.

Video viral menunjukkan bahwa es krim Chicecream tetap padat ketika dibakar. Selain itu produk ini disebut tidak sepenuhnya meleleh ketika dibiarkan di ruangan dengan suhu 31 derajat Celcius selama satu jam atau di bawah nyala api yang sangat panas.

Rekaman itu memicu kekhawatiran online, mendorong orang mempertanyakan apakah produk itu memiliki banyak zat aditif karena harganya yang mahal. Penawaran paling mahal dari Chicecream -- disebut "Zhong Xue Gao" dalam bahasa China -- berharga 66 yuan atau Rp 150 ribu.

Perusahaan mengatakan pada hari Rabu bahwa produknya sesuai dengan peraturan keamanan pangan nasional.

"Kami percaya bahwa tidak ilmiah untuk menilai kualitas es krim dengan memanggang, mengeringkan, atau memanaskan es krim," kata merek itu dalam posting Weibo yang meraup lebih dari 168 ribu orang suka.

AFP tidak dapat memverifikasi video tersebut, dan stabilisator - bahan tambahan makanan yang digunakan untuk mengawetkan struktur - yang biasa digunakan dalam es krim yang diproduksi secara massal telah disetujui secara luas untuk digunakan, termasuk oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

Wang Silu, seorang inspektur makanan nasional senior, juga mengatakan produk yang digunakan untuk mengentalkan es krim adalah bahan yang aman.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER