7 Makanan Penurun Kolesterol, Cegah Sakit Usai Makan Kambing

CNN Indonesia
Minggu, 17 Jul 2022 14:55 WIB
Setelah kalap mengonsumsi daging sapi dan kambing, sebaiknya pilih makanan penurun kolesterol berikut demi menghindari sederet masalah kesehatan. Ilustrasi. Tahu jadi salah satu makanan penurun kolesterol yang perlu dikonsumsi usai makan kambing. (iStockphoto/inewsistock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah kalap mengonsumsi daging sapi dan kambing, saatnya mengimbangi dengan menu lain. Sebaiknya pilih makanan penurun kolesterol demi menghindari masalah kesehatan.

Konsumsi daging merah, termasuk daging sapi, daging kambing, maupun daging domba, bisa memicu kenaikan kolesterol. Membiarkan konsumsi daging tidak terkendali hanya akan menimbulkan aneka masalah kesehatan.

Dari tingginya kadar kolesterol, risiko serangan jantung, stroke, dan gangguan kardiovaskular lain pun bermunculan.

Makanan Penurun Kolesterol

Alih-alih menggunakan obat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang menurunkan kadar kolesterol berikut ini.

1. Oatmeal

Sebagai menu sarapan, sebaiknya pilih oatmeal. Oatmeal tinggi akan kandungan serat larut air untuk menurunkan kolesterol jahat.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, serat larut air bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Sebanyak 5-10 gram atau lebih serat larut air dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol.

Satu porsi oatmeal mampu memberikan 3-4 gram serat larut air. Jangan lupa tambahkan buah-buahan untuk memperoleh lebih banyak serat.

2. Ikan kembung

Menu-menu serba daging biasanya mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Anda perlu mengimbanginya dengan asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan lemak jenuh, khususnya trigliserida dalam darah.

Omega 3 memang tidak berkaitan langsung dengan kolesterol. Namun, asam lemak ini memberikan manfaat buat jantung.

Ikan kembung dan ikan kaya asam lemak omega 3 lainnya bisa jadi salah satu pilihan makanan penurun kolesterol.

3. Dark chocolate

Chocolate chunks on a stone backgroundIlustrasi. Dark chocolate, salah satu makanan penurun kolesterol. (Istockphoto/solidcolours)

Cokelat hitam alias dark chocolate banyak mengandung antioksidan, khususnya flavonoid. Flavonoid merupakan komponen antioksidan yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.

4. Alpukat

Buah satu ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin memperoleh asupan lemak sehat. Selain itu, alpukat pun mampu membantu menurunkan kadar kolesterol.

Seperti dikutip dari WebMD, alpukat mengandung asam oleat (oleic acid) yang mampu menurunkan kolesterol. Anda bisa menikmati alpukat untuk topping roti panggang, campuran salad, atau diminum sebagai jus.

5. Almond

Kacang-kacangan banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Sebaiknya tambahkan kacang-kacangan termasuk almond, walnut, dan pistachio dalam camilan Anda.

6. Tahu dan tempe

Pangan berbasis tumbuhan akan mengimbangi konsumsi pangan berbasis hewan. Pilih pangan yang tinggi protein untuk menurunkan kolesterol tubuh seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau edamame.

Studi menemukan sebanyak 25 gram pangan ini bisa menurunkan 5-6 persen kolesterol.

7. Apel

Selain alpukat, tambahkan pir dan apel dalam diet harian. Pir dan apel banyak mengandung pektin, yakni tipe serat yang mampu menurunkan kolesterol.

Selain pir dan apel, Anda bisa menambahkan buah tinggi serat lain seperti, jeruk, lemon, dan beri sebagai makanan penurun kolesterol.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER