Apa Itu Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw ?

tim | CNN Indonesia
Senin, 18 Jul 2022 12:37 WIB
Operasi bariatrik Melly Goeslaw berjalan lancar. Operasi ini dilakukannya untuk mendapatkan berat badan tubuh yang ideal. Operasi bariatrik Melly Goeslaw berjalan lancar. Operasi ini dilakukannya untuk mendapatkan berat badan tubuh yang ideal. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni
Jakarta, CNN Indonesia --

Operasi bariatrik Melly Goeslaw berjalan lancar. Operasi ini dilakukannya untuk mendapatkan berat badan tubuh yang ideal. 

"Bismillah aku mau membagikan momen bahagiaku, salah satu langkah besar di hidupku, yang ternyata sangat menyenangkan. Aku melakukan " BARIATRIC " , temen2 silahkan di browsing ya apa itu Bariatric , aku pasti akan share juga nanti operasinya, dan semua perjalanan ke depannya mencapai tubuh ideal dan sehat pastinya, tulis Melly dalam akun instagramnya. 

Operasi bariatrik Melly Goeslaw  dilakukan lantaran berat badan berlebih jadi momok sementara diet pun tak memberikan solusi berarti.

"Setelah program diet dan turun 25 kg lebih, aku tetap obesitas 35 kg, dan mentok enggak bisa turun-turun lagi, sementara rupanya gula darahku juga jadi tinggi, saat gula darah tinggi nafsu makan jadi gede kan, jadi enggak kelar-kelar," ujar Melly.

CNNIndonesia.com telah meminta izin Melly Goeslaw untuk mengutip unggahannya di Instagram.

Apa saat program diet gagal lalu bisa operasi bariatrik Melly Goeslaw? Jawabannya tidak.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, operasi bariatrik dilakukan ketika diet dan olahraga tidak berhasil atau ada masalah kesehatan serius akibat kelebihan berat badan.

Operasi bariatrik seperti yang dilakukan Melly Goeslaw bertujuan untuk memodifikasi saluran pencernaan pasien sehingga meminimalisir rasa lapar dan mengurangi penyerapan kalori. Menurut Peter Ian Limas, ahli bedah digestif di RS Pondok Indah, pasien harus memenuhi beberapa kriteria untuk menjalani operasi bariatrik.

Pertama, hanya pasien dengan BMI lebih dari 37,5 kg/meter persegi yang layak menjalani operasi bariatrik. Kedua, pasien dengan penyakit turunan akibat obesitas.

Melihat operasi bariatrik Melly Goeslaw, ia memang mengalami kelebihan berat badan hingga obesitas dan masalah gula darah.

Operasi bariatrik seperti operasi bariatrik Melly Goeslaw dibagi menjadi empat jenis yakni:

1. Gastric bypass:

Lambung akan 'dipisahkan' lalu dibentuk kantong kecil yang dilekatkan pada usus kecil. Kantong menampung lebih sedikit makanan sehingga pasien cepat kenyang.

2. Sleeve gastrectomy:

operasi akan mengambil 85 persen lambung sehingga yang tersisa berupa tabung sempit mirip lengan baju. Tabung mini ini hanya bisa menampung sedikit makanan.

3. Mini gastric bypass:

Prosedurnya lebih sederhana dari gastric bypass sebab usus tidak banyak dimodifikasi sambungan maupun jalurnya.

4. Adjustable gastric banding:

Ahli bedah akan memasang pita atau pengekang pada bagian atas lambung. Kekencangan pita diatur dengan perangkat kecil (port) di bawah kulit perut yang terhubung dengan tabung tipis untuk mengalirkan cairan ke pita. Cairan bisa mengencangkan atau melonggarkan ikatan.

"Yang paling banyak diaplikasikan adalah sleeve gastrectomy," kata Peter dalam temu media beberapa waktu lalu.

Sementara itu, operasi bariatrik Melly Goeslaw yang lancar membuat musisi ini tidak banyak mengonsumsi makanan. Meski demikian, ia mengaku tidak merasa lapar.

"Walau hanya bisa minum air putih, teh tawar dan susu Fresubin selama 2 minggu, tapi alhamdulillah enggak lapar, tubuhnya lagi beradaptasi," kata Melly.

Dalam jangka panjang, operasi bariatrik Melly Goeslaw mampu membentuk pola hidup baru dan sehat, khususnya mengenai pola makan.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER