Dituduhkan pada Ricky Martin, Apa Itu Inses?

CNN Indonesia
Selasa, 19 Jul 2022 13:16 WIB
Penyanyi Ricky Martin dituduh terlibat hubungan inses dengan keponakannya sendiri. Apa sebenarnya inses itu? Penyanyi Ricky Martin dituduh terlibat hubungan inses dengan keponakannya sendiri. (AFP/BRIDGET BENNETT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Ricky Martin dituduh terlibat hubungan inses dengan keponakannya sendiri. Apa sebenarnya inses itu?

Pada dasarnya, definisi inses bervariasi dari satu negara ke negara lainnya. Namun, inses paling sering diartikan sebagai hubungan atau kontak seksual dengan orang yang memiliki hubungan darah.

Sebagai contoh, seorang pria yang menikahi keponakannya. Kasus ini masuk ke dalam kategori inses.

Mengutip jurnal Penyebab, Dampak, dan Pencegahan Inses di Kementerian Sosial, inses bisa menjadi tanda adanya masalah dalam kehidupan rumah tangga.

Inses juga bisa disebabkan oleh faktor internal (biologis dan psikologis) maupun eksternal (tingkat ekonomi, pendidikan, dan keagamaan).

Dari segi psikologis, inses juga kerap dikaitkan dengan fantasi anak dan remaja terhadap orang tua atau saudara kandung. Pencetus teori psikoanalis Sigmund Freud pernah berpendapat bahwa setiap anak mengalami impuls inses yang diarahkan ke orang tua mereka. Misalnya, seorang anak perempuan ke ayahnya.

Perilaku inses sebenarnya telah tercatat sejak lama dalam sejarah. Dahulu kala, para bangsawan Mesir Kuno banyak melakukan perkawinan sedarah dengan saudara kandung.

Mengutip berbagai sumber, di sejumlah negara, inses termasuk ke dalam tindakan kriminal. Dalam beberapa kasus, inses juga kerap dikaitkan dengan pelecehan seksual terhadap anak atau remaja.

Faktor-faktor Penyebab Inses

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, faktor inses dibagi ke dalam dua, internal dan eksternal.

Faktor internal mewakili masalah biologis dan psikologis. Sementara faktor eksternal mewakili masalah ekonomi keluarga, tingkat pendidikan seseorang, hingga tingkat pemahaman agama.

Sebuah analisis menunjukkan bahwa dibandingkan dengan pelaku pelecehan seksual terhadap anak, pelaku inses memiliki lebih sedikit minat seksual atipikal. Dalam hal ini, minat seksual atipikal termasuk diantaranya pedofilia, hebefilia, parafilia, dan lainnya.

Tak cuma itu, seseorang yang melakukan inses juga tampak seperti pribadi pada umumnya. Ia tak terlihat anti-sosial sebagaimana pelaku pelecehan seksual pada umumnya.

(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER