Sempat Viral, Restoran Gua di Bali Ditutup Sementara

CNN Indonesia
Selasa, 19 Jul 2022 16:16 WIB
Restoran gua di Bali yang sempat viral di media sosial kini ditutup untuk sementara waktu. Penutupan terkait dengan kelengkapan izin membuat restoran dalam gua. Restoran gua di Bali yang sempat viral di media sosial kini ditutup untuk sementara waktu. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Restoran gua di Bali ditutup untuk sementara. Restoran yang berada di dalam kawasan Hotel The Edge, Kabupaten Badung, Bali ini dilarang beroperasi untuk sementara waktu.

Hal tersebut diputuskan setelah pihak Satpol PP Kabupaten Badung, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali dan sejumlah instansi lain melakukan peninjauan ke lokasi pada Selasa (19/7).

Kepala Satpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, penutupan itu dilakukan karena tak adanya izin untuk membuat restoran di dalam gua.

"Itu yang pasti sudah tidak ada [izin] khusus di gua ini. Makanya, kami putuskan hari ini tidak boleh digunakan sampai izinnya lengkap," ujarnya.

Saat ini, pihak Satpol PP tengah menunggu kajian lainnya dari instansi-instansi lain soal keberadaan gua tersebut. Nantinya, kajian tersebut akan membantu Satpol PP dalam memberikan rekomendasi.

Restoran gua di Bali yang ditutup itu nantinya boleh beroperasi kembali setelah kajian-kajian rampung. Kajian ini akan melihat status gua, apakah merupakan bentukan alam atau peninggalan purbakala yang kelestariannya harus dijaga.

"Akses purbakala menjadi kewajiban negara untuk kelestariannya. Kalau memang murni alam, itu juga kami ingin kepastian. Karena dalam hal ini masyarakat publik juga boleh melihat karena ini tempatnya di wilayah pribadi," jelasnya.

Ia menyebutkan, gua tersebut ditemukan pihak hotel setelah melakukan penataan lahan. Namun, saat ditemukan, keberadaan gua tak langsung digunakan.

"Pada saat penataan lahan ditemukan, gua tidak digunakan, dan baru-baru kemarin [gua digunakan]," ujarnya.

Meski begitu, sebenarnya Hotel The Edge telah mengantongi perizinan untuk hotel dan restoran. Tapi, tidak dengan restoran di dalam gua.

"Izinnya hotel restoran bintang lima. Izin, yang kami lihat dari data," ujarnya.

Ilustrasi GoaIlustrasi. Restoran gua di Bali ditutup untuk sementara waktu terkait perizinan yang tidak lengkap. (Unsplash/Pixabay)

Sebelumnya, sebuah video viral menampilkan gua yang diketahui berusia ratusan tahun disulap menjadi restoran mewah. Hal itu diketahui dari unggahan pemilik akun Twitter @BacangSpecial.

Restoran yang berada dalam gua itu rupanya diketahui berada di bawah Hotel The Edge.

Dalam unggahan video yang viral itu, gua tersebut memiliki dekorasi yang mewah dan estetik serta fasilitas yang menarik. Menurut keterangannya, restoran gua tersebut diberi nama The Cave.

Ditaksir, gua telah berumur jutaan tahun.

Perekam video juga menjelaskan bahwa restoran gua di Bali yang ditutup itu menyajikan hidangan seafood.

"Gua ini sudah terbentuk jutaan tahun lalu, dan setiap senti stalaktit ini membutuhkan 300 tahun untuk terbentuknya," ungkap perekam video sekaligus menjadi pelanggan restoran.

(kdf/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER