6 Sayuran yang Bikin Cepat Kurus, Cocok Buat Menu Diet Sehat

tim | CNN Indonesia
Rabu, 20 Jul 2022 12:00 WIB
Sayuran memang jadi salah satu makanan favorit para pejuang kurus. Tapi apa jenis sayuran yang bikin cepat kurus? Sayuran memang jadi salah satu makanan favorit para pejuang kurus. Tapi apa jenis sayuran yang bikin cepat kurus? (iStockphoto/amenic181)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa makanan yang selalu masuk dalam menu diet harian? jawabannya pasti sayuran. Sayuran memang jadi salah satu makanan favorit para pejuang kurus.

Selain enak, sehat, bergizi juga rendah kalori. Ada banyak jenis sayuran yang bikin cepat kurus. Ini karena hampir semua sayuran menawarkan serat yang mengenyangkan.

Makanya, saat Anda makan sayuran keinginan untuk ngemil bisa ditahan. Selain itu, sayuran juga menekan rasa lapar karena membuat Anda kenyang lebih lama.

Sayuran apa saja yang bisa bikin cepat kurus?

Ada banyak jenis sayuran di dunia ini. Di antara semua itu, ada beberapa jenis sayuran yang bisa bikin cepat kurus dan tentunya memiliki rasa yang enak selama diolah dengan benar.

Berikut adalah sayuran yang bisa bikin cepat kurus: 

1. Bayam

Sayur Bening Bayam, Spinach Clear Vegetable. Indonesian food of spinach, spinach soup with corn.Foto: iStockphoto/Tyas Indayanti
Sayur Bening Bayam,

Dilansir dari Food Network, bayam adalah jenis sayuran yang kalorinya sangat rendah namun punya banyak nutrisi yang sehat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) mengatakan bayam juga memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit kronis. Termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

2. Brokoli

Healthy green organic raw broccoli on wooden tableFoto: iStockphoto/Mizina
ilustrasi brokoli sebagai sayuran yang bikin cepat kurus

Makan brokoli jadi cara yang bagus untuk mendapatkan serat ekstra. Cara menikmatinya pun mudah, brokoli bisa dipanggang dan dicampur dengan minyak zaitun serta rempah-rempah.

3. Paprika

Ilustrasi memasakFoto: Jeshoots
Ilustrasi paprika

Paprika adalah sayuran yang lezat dengan rasa yang ringan. Sangat cocok untuk ditambahkan ke berbagai jenis hidangan.

Dilansir dari Eat This, Not That, paprika juga termasuk dalam sayuran rendah kalori dan memiliki nutrisi yang tinggi. Sayuran ini juga bisa menciptakan rasa kenyang setelah makan sehingga ini juga menjadi salah satu jenis sayuran yang bikin cepat kurus. 

4. Cabai

Ilustrasi cabaiFoto: Pixabay/Hans
Ilustrasi cabai

Cabai mengandung capsaicin, yang telah dikenal untuk meningkatkan mood dan metabolisme serta mengurangi peradangan. Cabai juga mempromosikan pelepasan endorfin dan memberi beberapa orang pembakaran kalori ekstra.

Capsaicin pada cabai bisa memanaskan suhu tubuh dan menyebabkan Anda membakar kalori ekstra berkat efek termal dari makanan ini.

5. Kubis

ilustrasi kolFoto: iStockphoto/Amarita
ilustrasi kol

Melansir Men's Health, kubis adalah sayuran rendah kalori dan tinggi serat yang bisa membantu Anda merasa kenyang tanpa semua kalori.

Kubis dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan menyeimbangkan glukosa, membatasi stres oksidatif, peradangan, dan resistensi terhadap insulin pada diabetes.

6. Timun Jepang atau Zucchini

ZucchiniFoto: morgueFile/MaxStraeten
Zucchini

Zucchini adalah sayuran lain yang yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Selain itu, sayuran ini juga memiliki banyak serat tapi cukup rendah kalori.

Seperti sayuran lainnya, zucchini bisa Anda konsumsi kapanpun tanpa menambahkan banyak kalori.

Itulah beberapa jenis sayuran yang bikin cepat kurus dan bisa dimasukkan dalam daftar diet harian Anda. 

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER