Arti Kun Fayakun pada Surat Yasin dan Ayat-Ayat Alquran

tim | CNN Indonesia
Selasa, 26 Jul 2022 10:25 WIB
Kun fayakun banyak muncul dalam penggalan surat-surat Alquran. Berikut arti kun fayakun dan ayat dalam surat pada Alquran tentang kun fayakun. Ilustrasi. Kun fayakun banyak muncul dalam penggalan surat-surat Alquran. Berikut arti kun fayakun dan ayat dalam surat pada Alquran tentang kun fayakun. (iStockphoto/omairhq)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kun fayakun merupakan istilah yang sudah tidak asing bagi kalangan umat Islam. Kata ini cukup banyak bermunculan dalam penggalan surat-surat Alquran.

Salah satunya pada surat Yasin ayat ke-82, Kun fayakun artinya "Jadilah, maka terjadilah". Arti tersebut memiliki makna yang dahsyat mengenai sifat kekuasaan Allah SWT.

Secara paham Islam, Kun fayakun menggambarkan suatu hal yang memang sudah dikehendaki oleh Allah maka akan benar-benar terjadi tanpa terkecuali.

Bukti mengenai bentuk kuasa Allah ini tentunya ada banyak dalam surat-surat Alquran, berikut salah satunya:

"Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu." [QS. Ar-Ra'd ayat 2].


Arti Kun Fayakun pada Surat Yasin

An open quran at a masjid.Ilustrasi. Arti Kun fayakun pada Surat Yasin ayat ke-82. (iStockphoto/jahmaica)

Surat Yasin ayat ke-82 mengandung arti mengenai penjelasan Kun Fayakun, bahkan mungkin kalimat tersebut sudah cukup sering Anda bacakan ketika mengaji surat ini.

إِنَّمَآ أَمْرُهُۥٓ إِذَآ أَرَادَ شَيْـًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Inna ma amruhu iza arada syai'an ay yaqula lahu kun fa yakun.

Artinya: "Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: 'Jadilah! maka terjadilah ia'".

Kun Fayakun pada Ayat-Ayat Alquran

An open quran at a masjid.Ilustrasi. Arti Kun fayakun pada berbagai ayat di Alquran. (iStockphoto/cihatatceken)

Kun Fayakun artinya masih tetap sama dan mutlak dalam Alquran. Selain tertera pada Surat Yasin ayat 82, kun fayakun juga tertera di ayat dalam surat-surat lainnya, seperti berikut:

 

1. QS An-Nahl ayat 40

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَىْءٍ إِذَآ أَرَدْنَٰهُ أَن نَّقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Innama qauluna lisyai'in iza aradnahu an naqula lahu kun fa yakun

Artinya: "Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya:"kun(jadilah)", maka jadilah ia.

2. QS Al-Mu'min ayat 68

هُوَ ٱلَّذِى يُحْىِۦ وَيُمِيتُ ۖ فَإِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Huwallazi yuhyi wa yumit, fa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: "Dialah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.

3. QS Maryam ayat 35

مَا كَانَ لِلَّهِ أَن يَتَّخِذَ مِن وَلَدٍ ۖ سُبْحَٰنَهُۥٓ ۚ إِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Ma kana lillahi ay yattakhiza miw waladin sub-hanah, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: "Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya:"Jadilah", maka terjadilah ia.

4. QS Al-Baqarah ayat 117

بَدِيعُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Badi'us-samawati wal-ard, wa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya: "Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia.

5. QS Al-Imran ayat 59

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ ٱللَّهِ كَمَثَلِ ءَادَمَ ۖ خَلَقَهُۥ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Inna masala 'isa 'indallahi kamasali adam, khalaqahu min turabin summa qala lahu kun fa yakun.

Artinya: "Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya:"Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

Dari potongan ayat-ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa kun fayakun artinya adalah menunjukkan kebesaran Allah SWT, bahwa semua yang Allah kehendaki akan benar terjadi sekalipun hal itu mustahil bagi manusia yang tidak mampu menguasainya.

Gif banner Allo Bank

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER