4 Kebiasaan yang Merusak Jantung

tim | CNN Indonesia
Minggu, 14 Agu 2022 20:55 WIB
Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Bahkan saat ini serangan jantung usia muda juga banyak terjadi. Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Bahkan saat ini serangan jantung usia muda juga banyak terjadi.(iStock/Nopphon Pattanasri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Bahkan saat ini serangan jantung usia muda juga banyak terjadi. Ada beberapa kebiasaan yang merusak jantung. 

Padahal dulu, penyakit jantung identik dengan penyakit lansia.

Ada banyak kebiasaan yang merusak jantung. Umumnya kebiasaan -kebiasaan itu dilakukan anak muda. Bisa jadi ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak anak muda menderita penyakit jantung.

Dokter spesialis penyakit jantung di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Wisnu Aditya Widodo mengatakan hampir 20 persen penderita penyakit jantung didominasi oleh kalangan muda. Ini kemungkinan terjadi karena berbagai kebiasaan yang menyebabkan penyakit jantung justru mereka lakukan sehari-hari.

"Penyakit jantung itu banyak penyebabnya, ada yang karena genetik tapi lebih banyak lagi karena kebiasaan sehari-hari yang bikin jantung tidak sehat," kata Wisnu dalam webinar yang digelar RSPI secara daring, Senin (1/8).

Ada beberapa kebiasaan yang merusak kebiasaan yang merusak jantung. 

Apa saja sebenarnya kebiasaan yang merusak jantung, hingga menyebabkan penyakit jantung baik di kalangan lansia maupun anak muda?

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak jantung hingga kebiasaan ini menyebabkan penyakit jantung menurut Wisnu agar Anda bisa memulai kebiasaan yang lebih sehat:

1. Konsumsi makanan tidak sehat

Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, terutama jantung. Banyak mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, konsumsi daging merah berlebih dan tinggi lemak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Seimbangkan makanan yang dikonsumsi, ingat bukan berarti dilarang tapi dibatasi," kata Wisnu

2. Mager

Mager atau malas bergerak banyak dilakukan orang saat ini. Kurang bergerak dan olahraga bisa meningkatkan penyakit jantung karena ada penumpukan lemak di tubuh.

"Terutama jika kebiasaan mager ini diimbangi dengan makanan tidak sehat, sudah pasti penyakit jantung mengintai," kata dia.

3. Merokok

Rokok bisa mendatangkan berbagai masalah dan penyakit. Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan penyakit jantung

4. Minum alkohol

Minum alkohol memang berbahaya untuk tubuh dan kesehatan jantung. Hentikan kebiasaan ini untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Itulah empat kebiasaan yang membuat penyakit jantung muncul di tubuh Anda.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER