Siap-siap Belanja, Indonesia Shopping Festival Bakal Digelar Bulan Ini

tim | CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 19:00 WIB
Sudah kangen belanja? Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 sebentar lagi. Sudah kangen belanja? Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 sebentar lagi.(Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 dalam rangka perayaan ulang tahun kemerdekaan dan menggairahkan kembali aktivitas belanja.

Ini jadi gelaran ISF pertama yang akan dihelat pada 11-21 Agustus 2022 di seluruh pusat perbelanjaan anggota APPBI di Indonesia.

"Situasi sekarang relatif jauh terkendali, PPKM-nya sudah level 1, ini yang mendorong APPBI melaksanakan kembali [festival belanja] salah satunya untuk menyambut kemerdekaan RI ke-77," kata Alphonzus Wijaja, Ketua Umum DPP APPBI, dalam konferensi pers di Tawa Terrace, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (3/8).

ISF 2022 akan dimeriahkan dengan pesta diskon hingga 77 persen sesuai dengan usia Republik Indonesia tahun ini. Selain itu, hadir pameran produk UMKM, festival kuliner khas Nusantara, plus pertunjukan kesenian daerah.

Gelaran ini diharapkan mampu merangsang gairah belanja dan kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan. Pada 2020, lanjut Alphon, rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan hanya tinggal 5 persen dari kondisi normal.

Pada 2021 meningkat signifikan hingga 60 persen. Kemudian pada 2022 diharapkan bisa naik lagi hingga 70-80 persen.

Hadir dalam kesempatan serupa, Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat menuturkan pihaknya menyambut baik gelaran ISF 2022. Menurutnya, gelaran seperti ini memang diperlukan selain menggairahkan kegiatan belanja secara luring juga memberikan kesempatan pada konsumen untuk memperoleh barang berkualitas dengan harga miring.

"Kalau untuk diskon memang sampai 77 persen tapi kami serahkan lagi ke tenant-tenant-nya. Mungkin ada barang baru didiskon 20 persen, tapi barang lain bisa didiskon 50 persen," kata dia.

Sementara itu Alphon menjelaskan peserta festival merupakan pusat perbelanjaan anggota APPBI yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda bebas memilih pusat perbelanjaan atau mal yang biasa dikunjungi atau jelajah mal baru untuk eksplorasi sebab tiap mal memiliki agenda berbeda untuk memeriahkan acara.

Merespons inisiatif APPBI, Ketua Tim pada Direktorat Bina Usaha Perdagangan, Kementerian Perdagangan Widiantoro menilai ISF 2022 akan turut mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

"Sejak April 2021, pertumbuhan penjualan eceran termasuk retail ini positif. lalu Juli sampai September 2021 sempat turun karena Covid-19 varian Delta. Kembali bangkit di Oktober 2021 sampai kini. Momentum ini perlu terus kita jaga agar ekonomi bangkit, daya beli masyarakat meningkat sehingga pusat perbelanjaan atau retail dapat menyerap keuntungan dan kunjungan lebih besar dari sebelumnya," kata Widiantoro dalam kesempatan serupa.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER