7 Bahan Skincare Pria untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 14:15 WIB
Setelah jerawat kempis, bekasnya yang kehitaman perlu dihilangkan. Berikut bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. Ilustrasi. Setelah jerawat kempis, bekasnya yang kehitaman perlu dihilangkan. Berikut bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. (iStockphoto/kyonntra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jerawat bisa muncul di kulit pria ataupun wanita. Setelah jerawat kempis, bukan berarti permasalahan selesai. Bekas jerawat kehitaman yang ditinggalkan pun perlu dihilangkan.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan skincare dengan kandungan khusus penghilang bekas jerawat yang menghitam. Berikut bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat.

Perawatan kulit wajah tidak hanya dilakukan oleh wanita. Namun, kaum pria juga wajib melakukannya. Tujuannya, selain agar kulit tampak bersih dan sehat,  juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam merawat kulit adalah bahan skincare yang digunakan, pastikan sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang sedang dihadapi.

Berikut tujuh bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit wajah, dihimpun berbagai sumber.

1. AHA & BHA

ilustrasi skincare, tonerIlustrasi. AHA dan BHA adalah salah satu bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. (iStockphoto/kokouu)

AHA & BHA merupakan bahan skincare utama yang dapat mengeksfoliasi kulit hingga ke lapisan kedua. Dengan melakukan eksfoliasi, maka kulit akan semakin cerah dan noda hitam bekas jerawat di kulit wajah akan tersamarkan dan memudar.

Namun, eksfoliasi tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat membuat kulit tipis dan kering. Lakukanlah eksfoliasi kulit dengan skincare mengandung AHA BHA maksimal 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.


2. Witch hazel

Mengutip laman MensXp, pria yang memiliki kulit rentan berjerawat, witch hazel adalah salah satu bahan skincare yang aman untuk digunakan.

Sebab, bahan ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang tinggi untuk mengurangi kemerahan pada jerawat. Selain itu, witch hazel juga efektif mengurangi noda bekas jerawat yang membandel.


3. Sunscreen

Young man taking care of his skin. Man applying skincare facial treatment cream on face in the bathroom. Handsome guy applying moisturizer and looking at himself while standing in front of the mirror.Ilustrasi. Sunscreen adalah salah satu skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. (istockphoto/SanyaSM)

Kebanyakan pria tidak memahami betapa pentingnya penggunaan sunscreen ber-SPF atau UV protection. Sekalipun Anda beraktivitas di dalam rumah, nyatanya efek buruk sinar matahari akan tetap masuk ke dalam ruangan dan berdampak bagi kesehatan kulit wajah.

Sunscreen UV protection tidak hanya bermanfaat untuk perlindungan, namun dapat digunakan sebagai anti-penuaan sekaligus membantu melindungi bekas jerawat semakin menghitam. Gunakan sunscreen dengan kandungan vitamin C sebagai pilihan terbaik.


4. Niacinamide

Bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah niacinamide. Salah satu kandungan skincare yang populer ini sangat efektif memperbaiki kerusakan kulit seperti flek atau noda hitam akibat efek buruk sinar matahari dan jerawat.

Tidak hanya sampai di sini, ternyata niacinamide memiliki beragam fungsi lain. Di antaranya mengurangi garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya pada wajah.


5. Aloe vera

Dikenal sebagai kandungan yang dapat menghidrasi, nyatanya aloe vera atau gel lidah buaya memiliki fungsi yang lebih dari itu.

Fungsi lainnya adalah bertindak sebagai agen anti bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat. Bahkan, aloe vera juga dapat menyamarkan tampilan bekas jerawat.

Berdasarkan studi tahun 2018, dilaporkan bahwa senyawa aloesin pada aloe vera dapat mengurangi produksi melanin, yaitu penyebab hiperpigmentasi pada bekas jerawat, mengutip Healthline.


6. Cuka apel

ilustrasi cuka apelIlustrasi. Cuka apel adalah salah satu bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. (iStockphoto/YelenaYemchuk)

Bahan skincare ini biasa digunakan sebagai toner untuk membersihkan kotoran, mengangkat minyak atau sebum berlebih, sekaligus membunuh bakteri di wajah.

Di samping itu, kandungan asam dalam cuka apel juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mendorong regenerasi kulit. Gunakan toner cuka apel secara rutin untuk mempercepat penyembuhan jerawat serta memudarkan bekasnya.


7. Madu

Bahan skincare yang terakhir merupakan bahan yang paling mudah dicari dan digunakan, yaitu madu. Jika tidak menemukannya dalam produk skincare, Anda bisa menggunakan madu asli sebagai masker langsung ke kulit wajah.

Madu bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat. Kaya asam amino dan antioksidan, madu juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Demikian bahan skincare pria untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahan skincare di atas tidak jauh berbeda dengan skincare wanita pada umumnya.

Kuncinya, perawatan kulit wajah harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Gif banner Allo Bank
(ira/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER