Hati-hati, Beberapa Ikan Punya Kandungan Kolesterol yang Tinggi

CNN Indonesia
Sabtu, 20 Agu 2022 08:40 WIB
Kolesterol dalam beberapa jenis ikan tergolong jahat, sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya. Ilustrasi. Kolesterol dalam beberapa jenis ikan tergolong jahat, sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya. (AFP/RAJESH JANTILAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti daging sapi dan kambing, ternyata ikan juga tinggi kolesterol. Kolesterol dalam beberapa jenis ikan tergolong jahat, sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya.

Ikan air tawar maupun ikan air laut sama-sama dianggap sehat. Namun, dari kedua jenis ini, beberapa diantaranya mengandung kolesterol jahat.

Lantas, ikan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi?

Berikut penjelasan dan takaran kolesterol jahat yang terkandung di masing-masing ikan.

Ikan laut tinggi kolesterol

Mengutip Medicinet, makanan laut sering dikaitkan sebagai makanan kaya nutrisi dan sehat. Bahkan, mengonsumsi ikan laut disebut baik untuk jantung, saraf, hingga otak manusia.

Bukan cuma itu, makanan laut juga mengandung berbagai antioksidan dan lemak Omega 3. Hal ini bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut beberapa jenis ikan laut dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

1. Ikan sarden

Ada sekitar 142 gram kolesterol pada setiap 100 gram ikan sarden. Jumlah ini terbilang tinggi. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi sarden.

2. Ikan tongkol

Fresh fish counter - raw tuna in a row, top view. Tuna on market in Sri Lanka.Ilustrasi. Tongkol merupakan salah satu ikan dengan kadar kolesterol tinggi. (Istockphoto/Lina Moiseienko)

Kandungan kolesterol dalam 100 gram ikan tongkol sebanyak 102 miligram. Sebaiknya, kurangi konsumsi ikan tongkol terutama, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Selain kedua ikan di atas, cumi-cumi, udang hingga kerang juga dikenal dengan kadar kolesterolnya yang tinggi.

Ikan air tawar kolesterol tinggi

Berbeda dengan ikan laut, jumlah ikan air tawar mengandung kolesterol tinggi masih tergolong sedikit. Berikut beberapa ikan air tawar yang mengandung kolesterol tinggi.

1. Ikan bawal

Ikan bawal ada yang berasal dari air tawar dan air laut. Jenis ikan bawal air tawar termasuk tinggi kolesterol. Untuk 100 gram ikan bawal, kandungan kolesterolnya sebanyak 120 kolesterol.

2. Ikan lele

Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling mudah ditemukan. Ikan yang kerap jadi sajian ini ternyata tinggi kolesterol.

Kolesterol yang tersimpan dalam satu porsi ikan lele dengan berat 85 gram sebanyak 59 miligram.

Lemak yang terkandung di dalamnya juga cukup besar, yakni sebanyak 12,35 gram. Ini juga dilengkapi dengan kandungan kalori yang cukup tinggi yakni sebanyak 204 kal.

Itulah jenis-jenis ikan kolesterol tinggi. Batasi konsumsinya agar batas kolesterol tetap aman.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER