Kecanduan Narkoba Dapat Dipatahkan dengan Menjalani Rehabilitasi

Advertorial | CNN Indonesia
Selasa, 30 Agu 2022 00:00 WIB
Program rehabilitasi narkoba merupakan sebuah upaya untuk mematahkan atau menyembuhkan kondisi pemakai narkoba (dr. I Gusti Ngurah Agastya, Sp.KJ - Psikiater Ashefa Griya Pusaka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program rehabilitasi narkoba merupakan sebuah upaya untuk mematahkan atau menyembuhkan kondisi pemakai narkoba yang telah mengalami ketergantungan terhadap barang terlarang ini.

Fase ketergantungan ini membuat seolah seseorang tak bisa melepaskan diri dari menggunakan narkoba.

Hal ini mengakibatkan pola hidup seseorang menjadi berubah, bahkan bukan tak mungkin akan melakukan kriminalitas di khalayak untuk mendapatkan kepuasan terhadap narkoba.

Perubahan pola hidup ini membawa dampak yang besar bagi keluarga, sanak saudara, hingga teman dari pecandu narkoba.

Dampak ini tentunya berupa dampak yang negatif, karena ketergantungan narkoba memiliki gejala kognitif, afektif, perilaku, hingga psikologis yang akan dialami oleh pemakai narkoba.

Bagi keluarga pasien yang mengalami kecanduan narkoba, terkadang sering mengakibatkan kebingungan harus bagaimana untuk mengatasinya.

Perilaku yang menyimpang ini diketahui dapat disembuhkan dengan menjalani rehabilitasi narkoba. Maka, mencari dan menentukan akses layanan untuk rehabilitasi narkoba adalah solusi tepat yang harus dilakukan.

Disamping itu, memilih tempat untuk menjalani rehabilitasi narkoba juga harus dilakukan dengan cermat berdasarkan berbagai faktor yang ada demi memperoleh kesembuhan yang maksimal.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Rehabilitasi Narkoba (swasta) Ashefa Griya Pusaka menyediakan program rehabilitasi yang dilengkapi dengan pelayanan secara komprehensif dan terintegrasi.

Ashefa Griya Pusaka yang memiliki tujuan untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dari jeratan narkoba ini, mengusung dua sisi rehabilitasi yakni rehabilitasi secara medis dan sosial.

Rehabilitasi yang dilakukan dari sudut pandang medis di Ashefa Griya Pusaka memberikan kesembuhan terhadap fisik pasien. Sementara rehabilitasi secara sosial memiliki tujuan untuk menempatkan kembali pasien terhadap kehidupan normal yang sebelumnya ia jalani.

Nantinya, pasien yang mengalami kecanduan narkoba dapat kembali menjalani kehidupannya dengan aman dan damai serta dapat bersosialisasi dengan normal.

Dr. I Gusti Ngurah Agastya, Sp.KJ, yang merupakan Dokter Spesialis Kejiwaan yang kini berpraktik di Ashefa Griya Pusaka mengatakan, kecanduan narkoba bukanlah suatu penyakit yang enteng dan memerlukan penanganan yang tepat.

"Adiksi merupakan Penyakit Otak Kronis, dibutuhkan penanganan yang serius bagi pasien untuk dapat pulih. Penanganannya harus dilakukan secara lengkap." kata dokter Aga sapaan akrab dr. I Gusti Ngurah Agastya , Sp.KJ, dalam keterangannya, Selasa (30/8).

Disamping itu, dokter Aga juga menjabarkan terkait program, lamanya rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka, dan juga berbagai program yang akan didapatkan oleh pasien.

Pelaksanaan program rehabilitasi narkoba yang dilakukan secara lengkap, serta melalui penanganan yang serius demi harapan pulih pasien yang mengakses layanan rehabilitasi di Ashefa Griya Pusaka sangat diprioritaskan, menurut dokter Aga.

Meskipun begitu, faktor pendukung lain dalam proses kesembuhan pasien adalah kemauan dan tekad yang kuat untuk dapat pulih kembali dari dalam diri pasien sendiri.

Dukungan dari keluarga, kerabat, maupun teman terdekat juga memberikan dorongan yang berpengaruh dalam proses kesembuhan yang tengah dijalani pasien.

"Faktor lainnya yang juga harus diperhatikan terkait pemberian layanan program rehabilitasi narkoba dilakukan dengan Profesional dan faktor kenyamanan fasilitas mendukung pasien untuk dapat fokus menjalankan program rehabilitasi yang telah disusun berdasarkan rencana perawatan setiap pasien," ujar dokter Aga.

Sebagai tempat rehabilitasi narkoba yang terpercaya, Ashefa Griya Pusaka berprinsip bahwa permasalahan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Namun, masalah ini merupakan tanggung jawab bersama sehingga perlu peran serta masyarakat.

(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER