Batas Normal Asam Urat Laki-laki dan Perempuan serta Pantangannya

tim | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 06:00 WIB
Bukan cuma kolesterol yang wajib diwaspadai soal kesehatan, tapi jaga juga batas normal asam urat Anda. Bukan cuma kolesterol yang wajib diwaspadai soal kesehatan, tapi jaga juga batas normal asam urat Anda. (Istockphoto/ SARINYAPINNGAM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asam urat adalah produk limbah dalam tubuh, oleh karenanya Anda perlu mengenali berapa batas asam urat. 

Mengutip Medical News Today, asam urat dapat menumpuk di persendian dan jaringan yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh, asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ditemukan dalam sejumlah makanan.

Asam urat atau istilah medisnya hiperurisemia merupakan penyakit artritis yaitu radang sendi. Kondisi ini terjadi ketika terdapat tumpukan kristal berupa garam urat dalam persendian. 

Berapa Batas Normal Asam Urat? 

Saat tubuh memproduksi asam urat berlebih dan ginjal tak mampu membuangnya, asam urat akan menumpuk dalam darah. Kondisi ini bisa memicu sejumlah penyakit.

Mengutip Healthline, kadar asam urat normal sangat bervariasi, tergantung pada jenis kelamin. Kadar asam urat normal pada perempuan berkisar sekitar 1,5-6 mg/dL. Sedangkan kadar asam urat normal pada laki-laki sekitar 2,5-7 mg/dL.

Kadar asam urat sendiri tergolong tinggi saat berada di atas 6 mg/dL pada perempuan dan lebih dari 7 mg/dL pada laki-laki.

Beberapa makanan yang mengandung tinggi purin di antaranya daging merah, makanan laut, hati, kacang, dan minuman beralkohol. Asam urat kemudian dibuang melalui sistem pembuangan, baik urine maupun tinja.

Gejala Asam Urat

Terlalu banyak asam urat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal di sendi dan jaringan, yang dapat menyebabkan peradangan dan gejala asam urat.

Umumnya, kadar asam urat yang tinggi bisa memicu sejumlah gejala rematik seperti berikut;
- sakit parah di persendian,
- kekakuan sendi,
- kesulitan menggerakkan sendi,
- kemerahan dan bengkak, dan
- sendi yang cacat.

Menu yang harus dihindari bagi penderita asam urat

Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari supaya gejala asam urat lebih terkendali:

1. Makanan laut

Seafood atau makanan laut seperti ikan kembung, tiram, kerang, kepiting, lobster, sampai udang, rata-rata mengandung purin cukup tinggi.

Purin adalah bahan kimia alami yang umumnya terdapat di dalam beberapa jenis makanan. Jika dikonsumsi berlebihan, dampaknya memicu organ hati untuk memproduksi asam urat.

Alternatif makanan laut yang relatif aman dikonsumsi penderita asam urat yaitu ikan salmon dan kakap merah karena memiliki kandungan purin lebih rendah.

Alternatifnya, Anda dapat mengonsumsi ikan air tawar seperti nila, lele, gurame yang masih tergolong aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

2. Daging merah

Daging merah dari sapi, domba, babi, kambing, kerbau, kuda, juga mempunyai kadar purin tinggi dan sebaiknya dihindari.

Efek purin dari daging merah sangat berpotensi meningkatkan produksi asam urat hingga tidak terkendali.

Apabila kadar asam urat semakin tinggi, risiko timbul gejala yang cukup menyakitkan. Seperti sendi nyeri mendadak, kesulitan berjalan, dan muncul kemerahan pada persendian.

3. Daging

Japanese man slicing meatFoto: iStockphoto/kazuma seki
ilustrasi daging

Selain daging merah, daging putih dari unggas seperti ayam, bebek, burung, angsa, kalkun, sama-sama menyimpan banyak purin.

Sebenarnya untuk daging ayam masih relatif aman dikonsumsi, selama dimasaknya tidak memakai banyak minyak dan porsi maksimal saat dimakan yaitu 50 gram per hari.

Kandungan purin dalam ayam ini hampir berada diseluruh lapisannya termasuk daging bagian dalam sampai kulit.

4. Jeroan

Makanan yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat selanjutnya adalah jeroan berupa otak, usus, limpa, paru-paru, hati, lidah, dan bagian lainnya.

Terlebih jika Anda mengonsumsi bagian ginjal sapi, di dalamnya itu terdapat 174,2 mg purin dan berisiko sebabkan asam urat.

Selain jeroan daging, jeroan dari ayam seperti hati, jantung, serta ampela juga sebaiknya tidak dimakan karena memuat 312,2 mg purin per 100 gram.

5. Kacang-kacangan

Kacang hijau, kacang tanah, kacang kering, kacang polong, kacang merah, kacang kedelai, melinjo, termasuk polong-polongan kaya akan purin.

Per satu ons kacang tanah mengandung sekitar 22 miligram purin, sementara per tiga ons kacang polong terdapat 5-100 miligram purin.

Begitu juga kedelai dalam tahu atau tempe sebaiknya tidak dikonsumsi karena cukup rentan memicu kambuh pada asam urat sendi.

6. Makanan olahan

Ada banyak jenis makanan olahan kemasan yang tinggi purin, natrium, pengawet, serta minim gizi. Di antaranya ikan kalengan, abon, kornet, nugget, daging cincang, daging beku, dendeng kering, dan masih banyak lagi.

7. Sayuran hijau tertentu

Makanan yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat dari kelompok sayuran ini yaitu bayam, asparagus, kol daun pepaya, buncis, kangkung, daun singkong, jamur kuping. Alternatifnya bisa diganti dengan kale, wortel, kol merah, paprika, kentang, selada, atau mentimun.

 

(del/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER