3 Penyebab Lintah Masuk Rumah, Awas Bisa Sedot Darah Manusia

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 11:31 WIB
Tak jarang lintah bisa muncul di area sekitar rumah. Ada beberapa penyebab lintah masuk rumah, berikut diantaranya. Ilustrasi. Ada beberapa penyebab lintah masuk rumah, berikut diantaranya. (EllWi/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lintah kerap muncul di rawa atau wilayah yang berdekatan dengan sungai. Tapi, tak jarang juga lintah muncul di area sekitar rumah.

Ada beberapa penyebab lintah masuk ke rumah. Saat ini terjadi, sebaiknya berhati-hati agar lintah tidak menempel di tubuh dan menyedot darah Anda.

Lintah adalah sejenis parasit. Mengutip Healthline, hewan ini masuk dalam famili yang sama dengan cacing.

Lintah dapat memiliki organ reproduksi jantan dan betina. Artinya, hewan satu itu bereproduksi secara seksual, membuahi diri mereka sendiri atau keduanya.

Sebagai parasit, lintah perlu memakan inang untuk bertahan hidup. Banyak spesies lintah masuk dalam golongan sanguinivora, yang berarti memakan darah. Begitu lintah menempelkan diri pada tubuh manusia, mereka akan mulai menghisap darah Anda.

Lintah juga dapat berkembang hingga 10 kali ukurannya saat makan, memungkinkan mereka untuk mengonsumsi banyak darah manusia pada satu waktu.

Penyebab Lintah Masuk Rumah

Tidak hanya tinggal di rawa, lintah juga bisa ditemukan di area pemukiman padat penduduk. Hal ini tentu jadi mimpi buruk, terutama jika lintah menempel pada tubuh anak-anak.

Agar bisa mengantisipasi kedatangan lintah ke area sekitar rumah, ada baiknya mengetahui apa saja yang bisa membuat hewan satu ini senang bertamu ke rumah Anda.

Berikut ini beberapa penyebab yang bisa Anda eliminasi agar lintah tidak bertamu ke rumah.

1. Rumah dekat rawa dan semak

Suasana pemukiman di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (9/3/2021). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 10 kilometer dari sisi kiri dan kanan membutuhkan anggaran sebesar Rp 5 triliun. CNN Indonesia/Andry  NovelinoIlustrasi. Dekat dengan rawa dan sungai, penyebab lintah bisa masuk rumah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jika Anda tinggal di area dekat rawa, usahakan rumah selalu terjaga kebersihan dan kerapiannya. Hindari terlalu banyak semak di sekitar rumah, sebab lintah bisa bersembunyi di sekitar semak yang basah.

2. Banjir

Area rawan banjir bisa jadi sumber kemunculan lintah. Lintah akan terbawa dari sungai ke pemukiman melalui luapan air banjir.

Cara terbaik adalah membersihkan rumah di setiap sudutnya setelah banjir menerjang.

3. Mencari makanan

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, lintah beradaptasi untuk mencari makanannya.

Jika ada lintah yang muncul di area rumah, maka artinya lintah sedang mencari makan.

Ingatlah bahwa lintah tak akan terganggu dengan polusi udara. Hal ini membuat lintah bahkan bisa bertahan hidup di area padat penduduk yang berpolusi.

Itulah tiga penyebab lintah masuk rumah. Sebisa mungkin hindari beberapa penyebab di atas.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi rumah tetap bersih meski Anda tinggal di dekat sungai atau daerah rawan banjir.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER