Mitos vs Fakta, Makan Makanan Serba Dibakar Bikin Kanker?

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 06:46 WIB
Beberapa jenis makanan disebut-sebut bisa memicu kanker. Sebagian informasi bisa Anda percaya dan sebagian hanya mitos yang tidak layak dipercaya. Beberapa jenis makanan disebut-sebut bisa memicu kanker. Sebagian informasi bisa Anda percaya dan sebagian hanya mitos yang tidak layak dipercaya. (szpadi/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa jenis makanan disebut-sebut bisa memicu kanker. Sebagian informasi bisa Anda percaya dan sebagian hanya mitos yang tidak layak dipercaya.

Nutrisi memainkan peranan penting dalam kesehatan termasuk menjauhkan Anda dari risiko kanker.

Berdasar American Cancer Society, sekitar 1 dari 5 kasus kanker di AS dan 1 dari 6 kematian akibat kanker berhubungan dengan kekurangan nutrisi, kelebihan berat badan juga alkohol.

Informasi seputar makanan dan kanker kerap membuat orang mengeliminasi makanan tertentu. Padahal tak semua informasi benar dan layak diaplikasikan. Sebaiknya lebih cermat terlebih jika menemukan mitos-mitos seputar makanan dan kanker berikut ini.

1. Setop konsumsi gula, setop pertumbuhan kanker

Fakta: Memangkas atau menghentikan konsumsi gula tidak akan menghentikan pertumbuhan kanker.

Semua sel tubuh, termasuk sel kanker, menggunakan molekul gula atau karbohidrat sebagai sumber energi utama. Namun gula bukan satu-satunya sebab sel juga bisa menggunakan komponen lemak dan protein untuk tumbuh.

"Jika [sel kanker] tidak mendapat gula, mereka mulai memecah komponen dari simpanan energi dalam tubuh," kata Carrie Daniel-MacDougall, ahli epidemiologi nutrisi, seperti dilansir dari WebMD.

2. Makan makanan gosong atau dibakar bisa memicu kanker

Fakta: Belum cukup bukti bahwa makanan yang terlalu matang atau gosong dan makanan dibakar mengakibatkan kanker pada manusia.

Neil Iyengar, ahli onkologi medis, menyebut beberapa penelitian memang menunjukkan dengan membakar makanan, Anda memproduksi karsinogen pada makanan dan berpotensi bahaya buat tubuh. Namun, lanjut dia, untuk saat ini, itu baru hipotesis.

Jenis makanan seperti roti dan kentang melepas akrilamida saat diolah dalam suhu tinggi. Riset pada hewan pengerat, kadar akrilamida tinggi bisa memicu pembentukan tumor.

Hanya saja, riset pada manusia tidak menghasilkan banyak bukti untuk peningkatan risiko kanker.

Mitos vs Fakta, Makan Makanan Serba Dibakar Bikin Sakit Kanker?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER