7 Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat dan Subur

tim | CNN Indonesia
Minggu, 02 Okt 2022 12:30 WIB
Cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat dan subur cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya. Ilustrasi cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat (Foto: iStockphoto/Firn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang banyak digemari dan dipilih sebagai dekorasi di rumah. Cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat dan subur juga tidak sulit.

Pertama, Anda perlu memerhatikan sirih gading sejak pertama kali membawanya ke rumah. Lalu melakukan perawatan rutin agar tanaman tumbuh dengan baik dan lebih cepat.

Selain rutin melakukan penyiraman, Anda perlu menjaga suhu ruangan serta rutin memeriksa kondisi tanaman. Selain itu, penempatan tanaman juga memerlukan perhatian.

Jika Anda tertarik merawat tanaman yang satu ini, berikut cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat dan subur yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Memeriksa kondisi tanaman

Golden pothos or Epipremnum aureum at window in the bedroom home and gardenIlustrasi cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat (Foto: Istockphoto/FeelPic)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah mengecek kondisi tanaman sejak pertama kali Anda membawanya ke rumah.

Jika Anda membelinya saat masih muda dan berukuran kecil, letakkan dalam pot yang berukuran kecil. Jika sirih gading sudah mulai tumbuh, itu berarti saatnya repotting atau mengganti pot dengan yang lebih besar.

2. Memilih pot dan media tanam

Pot dan media tanam merupakan hal utama yang perlu diperhatikan jika ingin tanaman sirih gading tumbuh lebih cepat.

Gunakanlah pot yang memiliki drainase yang baik. Sementara untuk media tanam yang cocok untuk sirih gading adalah tanah dengan pH di angka 6,1 sampai 6,5.

Namun, jika pH tanah sedikit di luar kisaran tersebut sebenarnya tidak masalah karena tidak akan terlalu banyak timbul reaksi yang merugikan.

Selain dengan media tanah, sirih gading juga dapat ditanam di wadah yang berisi air. Meski dapat tumbuh jika ditanam di air, sirih gading tidak akan tumbuh secepat ketika ditanam di tanah.

3. Menjaga suhu ruangan

Jika hendak meletakkan tanaman di dalam ruangan, jangan lupa untuk menjaga suhu ruangan. Tanaman ini perlu berada di ruangan dengan suhu tinggi sekitar 21 hingga 23 derajat Celsius.

Jadi, pastikan suhu udara berada di kisaran tersebut agar sirih gading tumbuh dengan cepat dan tentunya subur dan sehat. Meski demikian, tanaman ini masih dapat kompromi di suhu rendah 10 derajat Celsius.

4. Tidak menempatkan tanaman di ruangan gelap

Sirih gading sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang tidak gelap karena dapat menghambat pertumbuhannya.

Jika sirih gading ditempatkan di ruangan atau sudut yang gelap, daun tumbuhan akan kehilangan variegasi-nya sehingga kesehatan dan pertumbuhan dari tanaman akan terganggu.

5. Mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung

Sirih gading adalah tanaman yang membutuhkan keseimbangan cahaya. Tanaman ini membutuhkan cahaya terang tetapi tidak dapat menahan sinar matahari secara langsung terlalu lama.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat meletakkan tanaman ini di posisi dekat jendela sehingga tanaman dapat menikmati cahaya terang dari matahari tetapi tidak secara langsung.

Anda juga harus memerhatikan cahaya yang diterima tanaman tidak terlalu banyak. Pasalnya, daun sirih gading akan mudah terlihat pucat dan terbakar jika terkena sinar matahari.

6. Melakukan penyiraman dengan rutin

Top view of tropical 'Philodendron Hederaceum Scandens Brasil' creeper house plant with yellow stripes isolated on white backgroundIlustrasi cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat (Foto: iStockphoto/Firn)

Sirih gading memang membutuhkan air tetapi dalam jumlah yang tepat. Jika menerima terlalu banyak air, daun tanaman akan terlihat lemas dan layu bahkan warnanya menguning.

Hal itu karena tanaman ini rentan terhadap akar busuk jika terlalu lama dibiarkan berada di tanah yang tergenang air.

Jika tanaman terlalu sedikit menerima air juga dapat berdampak buruk karena bisa menyebabkan daunnya melengkung, kemudian lemas dan rontok.

Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda cukup menyiram tanaman saat tanahnya terlihat kering sehingga akar sirih gading dapat tetap lembap.

7. Memberi pupuk tiap 2-3 bulan

Sirih gading memang dapat tumbuh dengan baik tanpa pupuk jika sudah ditanam dalam pot yang menggunakan tanah.

Namun untuk membuatnya tumbuh lebih cepat dan subur, Anda bisa memberinya pupuk setiap 2-3 bulan selama musim tanam. Hal itu akan mengoptimalkan tingkat pertumbuhannya.

Adapun pupuk yang ideal adalah pupuk rumah tangga yang seimbang dan larut di dalam air. Selain itu, sebagian besar tanaman membutuhkan sekitar 16 unsur hara untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nutrisi utama yang dibutuhkan adalah kalium, fosfor, dan nitrogen. Sementara nutrisi sekundernya adalah boron, kobalt, besi, seng, kalsium, belerang, magnesium, tembaga, dan molibdenum.

Pupuk anorganik akan memberikan dorongan hara instan ke tanah yang dapat memacu pertumbuhan sirih gading dengan cepat.

Sementara pupuk organik akan membutuhkan waktu lebih lama, tetapi dapat membuat tanaman akan tumbuh lebih sehat dalam jangka panjang.

Demikian cara agar sirih gading tumbuh lebih cepat. Semoga bermanfaat.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias
(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER