7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 24 Sep 2022 11:11 WIB
Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam memang tidak instan. Tapi dengan perawatan yang tepat, bekas hitamnya bisa cepat pudar. Ilustrasi. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam memang tidak instan. Tapi dengan perawatan yang tepat, bekas hitamnya bisa cepat pudar. (Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jerawat sering kali meninggalkan bekas hitam yang sulit hilang. Kondisi tersebut tentu akan mengganggu penampilan karena wajah jadi tampak tidak mulus.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam tidaklah instan. Akan tetapi, dengan perawatan yang tepat dan rutin, noda hitam di wajah seiring waktu bisa lebih cepat pudar.

Melansir Healthline, berikut cara ampuh menghilangkan bekas jerawat hitam yang bisa Anda coba.

1. Pakai serum vitamin C

Vitamin C merupakan zat aktif kaya antioksidan yang ampuh mencerahkan wajah sekaligus meratakan warna kulit.

Tak hanya itu, vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi karena efektif mengurangi pembentukan melanin akibat bekas jerawat.

Anda dapat dengan mudah menemukan kandungan vitamin C dalam rangkaian skincare. Cukup pakai rutin serum vitamin C ke area bekas jerawat supaya memudar.


2. Pakai serum dark spot

ilustrasi serum wajahIlustrasi. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam bisa dengan menggunakan serum khusus mengatasi dark spot (Foto: iStockphoto/Anastasiia Pokliatska)

Sekarang ini ada banyak produk skincare yang menawarkan formula aktif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam atau dark spot.

Rata-rata serum dark spot diformulasikan dengan bahan aktif seperti glycolic acid (AHA), salicylic acid (BHA), dan niacinamide karena efektif mengurangi flek hitam.

Selain memudarkan flek hitam bekas jerawat, zat aktif tersebut bisa mengangkat penumpukan sel kulit mati sehingga warna kulit wajah jadi cerah merata.


3. Rutin eksfoliasi wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dapat diatasi dengan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah perawatan wajah yang bermanfaat dalam membersihkan sel-sel kulit mati.

Anda bisa mencoba physical exfoliator dengan scrub dari bulir kopi dan madu. Campuran tersebut punya kandungan untuk mengikis sel kulit mati serta memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Kopi ini memiliki kandungan antioksidan yang kaya manfaat bagi kulit. Sementara madu, efektif membantu melembapkan kulit wajah setelah dieksfoliasi.


4. Chemical peeling

ilustrasi skincare, tonerIlustrasi. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan chemical peeling. (iStockphoto/Love portrait and love the world)

Chemical peeling adalah jenis eksfoliator yang berarti proses mengangkat sel kulit mati menggunakan cairan bahan kimia supaya cepat meresap ke dalam kulit.

Pengelupasan kimia seringkali menggunakan larutan asam topikal untuk diaplikasikan ke area wajah bekas jerawat.

Proses chemical peeling dapat dilakukan sendiri memakai peeling serum berbahan aktif AHA/BHA. Tapi jika ragu, Anda bisa melakukan perawatan ini di klinik khusus kecantikan.


5. Facial rejuvenation

Facial rejuvenation merupakan teknik perawatan kulit wajah berbasis cahaya. Fungsinya bisa menyamarkan bekas jerawat yang hitam sekaligus meremajakan kulit supaya tetap kencang.

Di Indonesia, facial rejuvenation sudah cukup banyak tersedia di klinik kecantikan. Biaya perawatan ini bervariasi dan memang tidak murah.

Di samping itu, perawatan rejuvenation harus dilakukan secara berkala sampai mendapatkan hasil yang maksimal.


6. Scar laser

A woman in a beauty salon during a laser treatment.Ilustrasi. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan laser. (Istockphoto/robertprzybysz)

Bekas jerawat terkadang tidak sebatas meninggalkan noda hitam, melainkan membentuk luka parut menjadi bopeng, khususnya untuk tipe jerawat parah.

Metode laser ini nantinya akan memecah jaringan parut di kulit dan memperbaiki bekas hitam akibat jerawat.

Laser tersebut efektif mengangkat penumpukan sel kulit mati sekaligus mendorong pembentukan sel kulit baru.


7. Perawatan mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan peremajaan kulit wajah yang efektif mengatasi masalah bekas jerawat, flek hitam hiperpigmentasi, kulit kusam, komedo, hingga kerutan.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan perawatan mikrodermabrasi harus sesuai rekomendasi dokter dan hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli.

Sebelum melakukan mikrodermabrasi, Anda disarankan konsultasi terlebih dahulu ke dokter ahli untuk mengetahui seberapa parah kondisi bekas jerawat yang menghitam.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER