Jangan Buru-buru Ganti, Cek Dulu Kekurangan- Kelebihan Kompor Listrik

tim | CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 15:22 WIB
Apa kelebihan dan kekurangan dari kompor listrik? Apa kelebihan dan kekurangan dari kompor listrik? (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) merekomendasikan masyarakat agar menggunakan kompor listrik induksi demi menciptakan kemandirian energi nasional, juga mendukung transisi energi impor ke domestik.

Rencananya, pemerintah bakal memberikan paket kompor listrik secara gratis kepada 300 ribu rumah tangga yang menjadi sasaran tahun ini.

Meskipun demikian, kompor listrik memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Melansir berbagai sumber berikut kelebihan dan kekurangan dari kompor listrik yang perlu diketahui.

Kelebihan kompor listrik

1. Keamanan lebih terjamin

Banyak orang beralih menggunakan kompor listrik karena mereka merasa lebih aman saat digunakan di ruangan tertutup. Pasalnya, kompor gas berisiko mengalami kebocoran gas yang dapat menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Saat memasak di atas kompor listrik, hal yang mengerikan ini tidak perlu dikhawatirkan karena menggunakan listrik alih-alih gas. Tidak hanya itu, kompor listrik dianggap lebih aman karena Anda tidak akan merasa panas ketika disentuh langsung dengan tangan.

2. Mudah dibersihkan

Tidak bisa dimungkiri bahwa kompor gas selalu meninggalkan bekas terbakar di 'pantat' panci atau penggorengan. Hal ini membuat Anda harus membersihkan ekstra keras untuk harus menghabiskan lebih banyak waktu agar kompor terlihat bersih seperti semula. Hal semacam ini tidak akan terjadi saat menggunakan kompor listrik.

Hampir semua merk kompor listrik menggunakan bahan kaca dengan permukaan yang rata. Dengan demikian, pengguna hanya perlu mengelap permukaannya sampai bersih.

3. Panas lebih merata

Banyak yang tidak mengira bahwa panas yang dihasilkan oleh kompor listrik jauh lebih stabil daripada kompor gas. Hal ini lah yang membuat masakan dapat dimasak secara merata.

Menariknya, panas yang stabil memungkinkan waktu memasak yang jauh lebih pendek dan lebih efektif. Faktanya, bagian bawah panci tidak akan berubah menjadi hitam dari paparan panas yang berlebihan.

4. Panas yang dihasilkan lebih tahan lama

Hampir semua produk kompor listrik memiliki kemampuan untuk menyimpan panas beberapa saat setelah dimatikan. Meski panas yang tersisa tidak sama dengan saat dinyalakan, Anda tetap bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan dalam porsi kecil.

5. Dilengkapi dengan banyak fitur modern

Tidak hanya bentuknya yang modern, kompor listrik juga memiliki beragam fitur canggih. Tujuannya untuk mengatur suhu yang dihasilkan sehingga kegiatan memasak akan lebih efektif.

Fitur dan komponen kompor listrik yang bisa dinikmati antara lain timer, ukuran panci otomatis, pengamanan kompor mati, hingga boost.

Kekurangan dan Kelebihan Kompor Listrik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER