10 Penyebab Rambut Lepek, Salah Satunya karena Stres

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 10:00 WIB
Rambut lepek dapat menurunkan kepercayaan diri karena memengaruhi penampilan seseorang. Berikut adalah daftar penyebabnya. Ilustrasi. Penyebab rambut lepek (Foto: iStockphoto/MilanMarkovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rambut lepek dan tampak berminyak tentu tak sedap dipandang. Penyebab rambut lepek dapat terjadi karena faktor dari dalam dan luar diri Anda.

Ketika rambut lepek tidak segera diatasi, Anda akan merasa tidak nyaman saat beraktivitas karena rambut terasa berat dan lengket. Pada beberapa orang mungkin rambut akan menimbulkan bau tak sedap dan ketombe.

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan rambut menjadi gampang lepek. Hal ini berkaitan dengan produksi minyak atau sebum yang berfungsi menghidrasi kulit kepala dan melindungi rambut.

Saat beraktivitas, minyak ini akan bercampur dengan kotoran dan keringat. Cara mengatasi rambut lepek yang murah dan bisa rutin dilakukan adalah keramas.

Namun, kondisi rambut setiap orang berbeda. Ada yang perlu mencuci rambut setiap hari ada juga yang 2 atau 3 kali dalam sepekan.

Aktivitas harian setiap orang akan berpengaruh terhadap kondisi rambutnya. Misalnya atlet yang berlatih rutin akan berkeringat setiap hari sehingga perlu merawat rambut lebih intensif.

Penyebab Rambut Lepek

Penyebab rambut lepek dari dalam diri berkaitan dengan jenis rambut hingga pengelolaan stres. Sementara itu, faktor luar yang membuat rambut mengalami minyak berlebih misalnya cuaca, polusi, hingga cara perawatan yang salah.

1. Keramas berlebih

Ilustrasi pria mandiIlustrasi. Penyebab rambut lepek, keramas berlebih (Foto: iStock/torwai)

Dilansir Healtline, keramas yang terlalu sering pada sejumlah orang akan membuat rambut memproduksi minyak berlebih.

Ketika Anda selalu mencuci rambut dengan sampo, kulit kepala akan menerima sinyal untuk memproduksi lebih banyak sebum. Akibatnya, sebum akan menumpuk di kepala.

2. Tipe rambut

Jenis rambut juga dapat memengaruhi rambut jadi lepek. Umumnya tipe rambut lurus lebih rentan lepek karena batangnya tidak memiliki tekstur atau gelombang.

Minyak pun lebih mudah meluncur ke batang rambut dan tersebar di seluruh kepala.

3. Genetik

Jika keluarga Anda umumnya memiliki rambut yang lepek atau minyaknya berlebih, kemungkinan Anda mendapatkan gen turunan seperti itu.

Cara mengatasi hal demikian yang bisa Anda coba adalah dengan keramas secara rutin. Pastikan sampo yang digunakan cocok dengan apa yang tengah Anda alami.

4. Sering memainkan rambut dengan tangan

kutu rambutIlustrasi. Penyebab rambut lepek, sering memainkan rambut (Foto: iStockphoto/Srisakorn)

Sering memainkan rambut juga dapat menjadi penyebab rambut lepek karena tangan rentan terhadap kotoran. Jika Anda sering memainkan rambut dengan tangan, hal itu dapat menyebarkan minyak di kulit kepala ke seluruh rambut.

Rambut pun akan mudah rusak karena kotoran dari tangan menempel di sana.

5. Cara keramas yang salah

Cara keramas yang salah akan membuat kulit kepala memproduksi minyak berlebih dan rambut cepat rusak.

Adapun cara yang benar adalah dengan mengoleskan sedikit sampo ke akar rambut dan kulit kepala dengan lembut. Setelah itu, biarkan sampo mengalir ke batang rambut saat dibilas, bukan menggosoknya dengan kuku dari awal.

6. Penggunaan kondisioner yang salah

Portrait of young beautiful woman in a bathroom performing cosmetic procedures after bathing. Female wearing bathrobe, applying haircare product and smiling. Close up, copy space background.Ilustrasi. Penyebab rambut lepek, kondisioner yang salah (Foto: iStockphoto/Evrymmnt)

Apabila Anda memiliki jenis rambut yang tebal, mengembang, dan juga berminyak, Anda dapat menggunakan kondisioner. Cara menggunakannya, cukup oleskan kondisioner di ujung rambut dan bilas dengan air hingga bersih.

Namun jika Anda menggunakan kondisioner dengan cara yang salah, hal itu dapat menjadi penyebab rambut lepek. Oleh sebab itu, perhatikan bagaimana cara mengaplikasikan kondisioner yang tepat.

7. Alat pelurus rambut

Alat pelurus rambut memang membuat rambut halus dan mulus, tapi itu hanya untuk sementara. Selain itu, alat tersebut membuat rambut lebih cepat berminyak, dan lepek.

Untuk menyiasatinya, Anda lebih baik membatasi penggunaan alat pelurus rambut dan melakukan keringkan dengan sendirinya.

8. Mencuci rambut dengan air panas

Portrait of women which wash hair in a beauty salon.Hairdresser washing hair.Ilustrasi. Penyebab rambut lepek, keramas (Foto: Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)

Keramas dengan air panas dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Selain itu, kekuatan rambut pun akan menurun sehingga mudah patah dan rontok.

Untuk mengurangi risiko rambut menjadi lepek, sebaiknya hindari mencuci rambut dengan air panas.

9. Sisir kotor

Sisir yang kotor karena jarang dibersihkan akan membuat kotoran menempel kembali pada rambut.

Anda dapat membersihkannya secara rutin sepekan sekali dengan sampo agar rambut lebih sehat dan tidak lepek.

10. Stres

Penyebab rambut lepek lainnya adalah stres berlebih. Stres akan meningkatkan hormon kortisol yang menimbulkan sebum berlebih.

Oleh sebab itu, kelola stres dengan baik dengan melakukan hal yang Anda senangi. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar rambut dan diri lebih sehat.

(nfl/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER