Salad Wortel Viral di Tiktok, Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan?

tim | CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 07:05 WIB
Ide makan salad wortel mentah viral di tiktok yang diparut disebut-sebut bisa membantu menyeimbangkan hormon Anda. Ide makan salad wortel mentah viral di tiktok yang diparut disebut-sebut bisa membantu menyeimbangkan hormon Anda. ( iStockphoto/EBlokhina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa waktu belakangan resep viral salad wortel wara-wiri di TikTok. Ide makan salad wortel mentah yang diparut disebut-sebut bisa membantu menyeimbangkan hormon Anda.

Beberapa orang sudah mencoba membuktikan khasiat salad wortel viral tersebut. Mereka mengungkapkan makanan ini meningkatkan fungsi hati, membantu menghilangkan lemak perut membandel. Namun benarkah salad wortel mentah yang viral di tiktok ini punya khasiat sedahsyat itu?

Natalie Louis Burrows, anggota Nutritionist Resource mengungkapkan bahwa sudah bukan rahasia kalau wortel baik untuk kesehatan. Namun, katanya, wortel tak masuk dalam golongan superfood.

"Wortel sangat bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan karena komponen nutrisinya," jelasnya dikutip dari Metro.

"Namun, saya merasa banyak orang membuat klaim agar clickbait dengan membuatnya seolah-olah ampuh lebih dari faktanya."

"Wortel kaya akan serat, yang sangat mendukung mikrobioma usus dan motilitas usus," kata Natalie.

Ini adalah bagian penting dari detoksifikasi hormon karena buang air besar secara teratur diperlukan untuk memastikan racun sering keluar dari tubuh. Ketika buang air kecil dan jarang, racun dalam tinja - yang meliputi hormon seperti estrogen - dapat diserap kembali ke dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan kadar estrogen/dominasi estrogen yang tinggi.

'Dari perspektif itu, klaim bahwa wortel mentah mengurangi dominasi estrogen tidak benar, tetapi memisahkan fakta nyata bahwa serat adalah apa yang benar-benar memainkan peran utama di sini dan serat juga dapat ditemukan dalam sayuran lain, serta buah-buahan, kacang-kacangan. , biji-bijian."

Bagaimana dengan penurunan berat badan?

Natalie mengungkapkan bahwa proses diet untuk menurunkan berat badan itu tidaklah sesederhana itu.

'Sekali lagi, 'serat sangat bermanfaat dalam membantu rasa kenyang dari makanan, membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi ngemil," ucapnya.

"Yang penting, serat, dan terutama sayuran, dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Ini adalah aspek kunci dari menurunkan lemak dan menjaga jantung dari kondisi metabolisme saat ini termasuk obesitas, diabetes tipe 2, resistensi insulin dan PCOS."

Untuk mendapat tubuh ideal, katanya, harus tetap memperhatikan makanan dengan gizi seimbang. Misalnya menyantap protein, lemak sehat sehingga menyeimbangkan gula darah dan menurunkan lingkar pinggang.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam wortel (pendahulu vitamin A) mungkin memiliki efek positif pada sinyal insulin dan lemak perut."

Meski demikian, semangkuk salad wortel mentah yang lezat juga tak salah. Tapi yang pasti jangan berharap hanya makan salad wortel viral di Tiktok ini bakal langsung membuat Anda langsing dalam sekejap.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER