Daftar 20 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2023: London Sampai Seoul

tim | CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 08:40 WIB
Setiap negara punya kota tujuan pelajarnya sendiri. Namun mana kota pelajar terbaik di dunia? Setiap negara punya kota tujuan pelajarnya sendiri. Namun mana kota pelajar terbaik di dunia? ( iStock/Rifka Hayati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap negara punya kota tujuan pelajarnya sendiri. Namun mana kota pelajar terbaik di dunia?

Tak dimungkiri setiap orang pasti punya kota incaran mereka untuk kuliah. Sebut saja Oxford, Harvard, Leiden, Cambridge, dan lainnya jadi incaran banyak orang. Namun Global higher education consultancy Quacquarelli Symonds (QS) menerbitkan laporan tentang kota pelajar terbaik di dunia.

Mengutip QS, setiap tahunnya lembaga ini memberi peringkat kota-kota terbaik di dunia untuk belajar di luar negeri - dengan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk keterjangkauan, keinginan, dan pendapat siswa saat ini. Tahun ini, dari 110 kota yang diselidiki, 58 memperbaiki posisinya, enam tetap stabil dan 46 menurun.

London menempati posisi teratas dunia sebagai kota terbaik untuk belajar di luar negeri selama satu tahun lagi - menerima nilai luar biasa untuk Student Mix (94,9), Desirability (94,9), Employer Activity, dan Student Voice. Konsentrasi universitas kelas dunia yang tinggi juga membantu meningkatkan posisinya, mencapai skor terbaik kedua di dunia dalam Indikator Peringkat.

Meskipun kinerjanya luar biasa di area ini, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan terkait keterjangkauan kota - London mendapat skor 19,4 dan peringkat 127 untuk indikator ini.

"Tanggapan terhadap survei kami dari siswa yang telah belajar di London memperjelas bahwa itu menawarkan peluang budaya, ekonomi, dan pendidikan yang luar biasa," kata Ben Sowter, Wakil Presiden Senior QS.

"Dengan dua dari sepuluh universitas terbaik dunia yang terletak di kota, kota ini tetap menjadi pusat pendidikan terkemuka di dunia. Yang mengkhawatirkan, kota-kota secara luas menjadi kurang terjangkau bagi siswa berdasarkan ukuran QS, dengan penurunan hanya di bawah 90 persen dalam metrik Keterjangkauan kami."

Di posisi kedua ditempati bersama oleh kota Seoul dan Munich dengan skor 95,1. Munich menonjol tahun ini karena skor Student Voice-nya (indikator dari keseluruhan pengalaman siswa), sementara posisi teratas Seoul didukung oleh jumlah institusi luar biasa yang menjadi tuan rumah, menerima skor sempurna 100 dalam indikator WUR.

Beberapa kota lain yang lekat dengan kota pelajar terbaik di dunia justru mengalami penurunan peringkat. Berlin turun satu posisi dan digantikan dengan Melbourne yang mengisi peringkat enam tahun ini.

Di tahun ini Edinbrugh masuk ke dalam urutan 10 besar dunia. Kota ini naik dua peringkat dari 12 ke 10 dan mendapatkan skor tinggi 97,4. 

Berikut daftar kota pelajar terbaik di dunia versi QS WUR:

1. London, Inggris
2. Munich, Jerman
3. Seoul, Korea Selatan
4. Zurich, Swiss
5. Melbourne, Australia
6. Berlin, Jerman
7. Tokyo, Jepang
8. Paris, Prancis
9. Sydney, Australia
10. Edinbrugh, Inggris
11. Boston, Amerika Serikat
12. Hong Kong SAR, Hong Kong
13. Singapura, Singapura
14. Montreal, Kanada
15. Toronto, Kanada
16. Vienna, Austria
17. Kyoto-Osaka-Kobe, Jepang
18. New York, Amerika Serikat
19. Lausanne, Swiss
20. Vancouver, Kanada

Jadi di mana kota pelajar terbaik di dunia buat Anda?

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER