9 Tips bagi Kamu yang Baru Pertama Kali Wisata ke Jepang

tim | CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 11:12 WIB
Ada baiknya kamu membuat itinerary secara terperinci sebelum berangkat wisata ke Jepang untuk pertama kali dan jangan lupa bikin paspor dan visa. Jepang mulai melonggarkan pembatasan untuk kedatangan wisatawan asing. (Foto: AFP PHOTO / Martin BUREAU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, Jepang merupakan salah satu negara terfavorit untuk dikunjungi wisatawan mancanegara. Pemberlakuan pembatasan ketat akibat pandemi membuat angka turis ke Jepang anjlok drastis dalam dua tahun terakhir.

Namun, mulai 11 Oktober 2022, pemerintah Jepang akhirnya membebaskan visa untuk turis individual mancanegara. Negeri Sakura ini juga bakal menghapus banyak aturan pembatasan dan kembali mengizinkan turis asing ke negaranya.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan dari Indonesia. Turis Indonesia ke Jepang masih membutuhkan visa bagi pemegang visa biasa. Sementara bagi pemegang paspor elektronik alias e-paspor, membutuhkan visa waiver untuk ke Jepang.

Setelah pelonggaran ini, diprediksi akan lebih banyak wisatawan mancanegara yang liburan ke Jepang. Terlebih banyak orang yang merindukan obyek wisata di Jepang yang khas dari mulai Bunga Sakura, berendam di onsen, Harajuku, Gunung Fuji, hingga tempat kuliner, serta lalu-lalang pejalan kaki.

Apakah kamu salah satu yang tertarik juga melancong ke Jepang? Nah, berikut ini sejumlah tips untuk kamu yang baru pertama ke Jepang.

Lengkapi Dokumen

Liburan ke Jepang wajib membutuhkan paspor dan visa. Paspor harus masih berlaku minimal 6 bulan sebelum kedaluwarsa. Kamu mesti memiliki visa jenis single entry atau multiple entry untuk bisa sampai ke Jepang.

Pemilik e-paspor bisa mendaftarkan diri ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia untuk memperoleh visa waiver. Cek kembali kelengkapan dokumen sebelum berangkat. Jangan lupa selalu bawa identitas seperti paspor dan visa selama bepergian di Jepang.

Tiket Pesawat dan Penginapan

Bandara Narita, Tokyo, Jepang.Bandara Narita, Tokyo, Jepang. (Foto: CNN Indonesia/ Puput Tripeni Juniman)

Kamu sebaiknya sudah memesan tiket pesawat pulang-pergi ke Jepang sejak masih berada di Indonesia. Demikian pula dengan penginapan selama di Negeri Sakura tersebut, sebaiknya sudah di pesan saat sebelum berangkat.

Kamu perlu menentukan berapa lama liburan di Jepang. Memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari ada kemungkinan memperoleh harga lebih murah. Cetak semua kode pemesanan pesawat dan hotel di kertas, agar jika terjadi sesuatu, kamu masih menyimpan datanya.

Itinerary Terperinci

Sebelum liburan ke Jepang, kamu perlu membuat itinerary. Catat destinasi-destinasi wisata yang akan kamu datangi di Jepang, lalu transportasi apa saja yang akan ditumpangi selama di sana, termasuk lokasi halte atau stasiunnya.

Ketahui biaya masuk tempat wisata dan transportasinya. Pilih penginapan yang lokasinya strategis dengan tujuan-tujuan wisatamu dan harganya cocok di kantong.

Jangan lupa bawa uang tunai minimal 10 ribu Yen, karena ini aturan untuk turis di Jepang. Tapi, kamu bisa memecah uang tunai itu ke beberapa tempat penyimpanan, tujuannya agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kehilangan, maka tidak semua uang tunai kamu raib.

Tips-Tips Lain bagi Kamu yang Pertama Kali ke Jepang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER