Kapan Maulid Nabi 2022?

tim | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 05:00 WIB
Sebentar lagi umat Islam akan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Hari Maulid Nabi. Kapan Maulid Nabi 2022? Ilustrasi. Kapan Maulid Nabi 2022? Maulid Nabi yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal jatuh pada Sabtu, 8 Oktober 2022. (Istockphoto/Getty Images/Choreograph)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebentar lagi umat Islam akan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Kapan Maulid Nabi 2022?

Melansir situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) menetapkan 1 Rabiul Awal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat, 27 September 2022.

Penetapan ini berdasarkan kesaksian perukyat di tiga lokasi untuk melihat hilal, yakni di Condrodipo, Gresik, Jawa Timur; Pekalongan, Jawa Tengah; dan Jakarta Utara.

Dengan acuan perhitungan kalender Hijriah 2022, maka Maulid Nabi yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah akan jatuh pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Hal tersebut selaras dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, dan Nomor 1 Tahun 2022.

Menurut SKB 3 Menteri, peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW juga jatuh pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Hari Maulid Nabi merupakan hari libur nasional 2022.

Namun karena peringatannya jatuh pada Sabtu yang umum sebagai hari libur kerja, maka tidak ada libur untuk pekerja khusus pada hari tersebut.

Umat Muslim perlu tahu kapan Maulid Nabi 2022 karena hari ini memberi pesan kebangkitan semangat bagi umat untuk berjihad dalam membela Islam dan meneladani sikap Nabi Muhammad SAW.

Selain itu di Indonesia, perayaan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW biasa diperingati dengan beragam cara. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat.

Misalnya, Grebeg Mulud di Solo, Jawa Tengah, Kirab Ampyang di Kudus, Jawa Tengah, dan Muludhen di Madura, Jawa Timur.

Lalu, ada juga Endog-endogan di Banyuwangi, Jawa Timur, Panjang Jimat di Keraton Cirebon, Jawa Barat, hingga Bungo Lado di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Itulah informasi kapan Maulid Nabi 2022. Semoga membantu.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER