5 Cara Alami Mengusir Rayap, Enggak Perlu Mahal-mahal

tim | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 20:00 WIB
Rayap jadi salah satu hewan menyebalkan yang bisa muncul dan merusak di rumah Anda. Tapi tenang ada cara alami mengusir rayap yang ampuh di rumah. Rayap jadi salah satu hewan menyebalkan yang bisa muncul dan merusak di rumah Anda. Tapi tenang ada cara alami mengusir rayap yang ampuh di rumah. (iStockphoto/jeridu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rayap jadi salah satu hewan menyebalkan yang bisa muncul dan merusak di rumah Anda. Tapi tenang ada cara alami mengusir rayap yang ampuh di rumah.

Tidak hanya memakan perabot yang terbuat dari kayu, rayap juga bisa merusak pakaian, buku, bahkan pondasi rumah Anda.

Mengusir dan menghilangkan rayap di rumah menjadi hal penting yang harus dilakukan. Terutama mengusir secara permanen agar mereka tidak kembali lagi.

Beberapa orang meyakini, rayap bisa dicegah atau diusir dengan disinfektan atau bahkan dibakar. Tapi ternyata ada metode alami yang bisa dilakukan untuk mengusir hewan perusak ini.

Berikut adalah cara alami mengusir rayap:

1. Pakai cuka

Melansir Varsity Termite and Pest Control, rayap ternyata bisa diusir dengan cuka. Cuka bukan hanya digunakan untuk membersihkan meja dapur, tapi juga dapat digunakan untuk membunuh rayap.

Caranya, campurkan setengah sendok makan cuka dengan jus dari dua buah lemon. Masukkan ke dalam botol, semprot di tempat yang dihuni rayap.

2. Minyak jeruk

Minyak jeruk bisa digunakan untuk membunuh rayap. Minyak ini terbuat dari kulit jeruk.

Minyak jeruk bisa membuat eksoskeleton rayap larut. Kondisi ini menyebabkan rayap kehilangan kelembaban dan protein hingga mati.

Caranya, cukup semprotkan minyak ke rayap atau di area yang Anda curigai ada rayap. Anda juga bisa menyemprotkan minyak untuk mencegah rayap masuk ke area tersebut.

Agar rayap tidak kembali, menyemprotnya secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga rumah bebas dari rayap.

3. Sinar matahari

Rayap benci sinar matahari. Bahkan, mereka bisa mati jika terlalu banyak terkena sinar matahari dan panas. Matahari bisa jadi cara alami mengusir rayap.

Jika Anda memiliki perabot yang dipenuhi rayap, bawa ke halaman untuk dijemur di bawah sinar matahari. Jika rayap berada di struktur rumah, atur lampu UV untuk menyinari area tersebut.

4. Minyak esensial

Seperti halnya minyak jeruk, essential oil lainnya juga bisa membunuh rayap. Melansir This Old House, essential oil bisa membunuh rayap secara perlahan. Caranya dengan menghambat kemampuan mereka melepaskan kulit atau bertelur.

Cukup campurkan dua cangkir air dengan beberapa tetes sabun cuci piring dan sekitar 10 tetes essential oil. Kocok dan semprotkan pada kayu atau barang yang terinfeksi.

5. Perbaiki kayu yang terinfeksi

Melansir Architectural Digest, untuk menghilangkan rumah rayap, Anda dapat mengebor lubang di kayu yang terinfestasi sekitar 10 inci. Ini juga menjadi cara alami mengusir rayap.

Mengebor sampai merasakan bor atau obeng mengenai sarang rayap. Isi lubang dengan termitisida, lalu dempul untuk mengisinya. Metode ini paling baik untuk kayu biasa atau kayu yang dicat, bukan kayu keras berkualitas tinggi.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER