Manfaat dan Bahaya Bunga Telang, Sudah Tahu?

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 12:00 WIB
Meski dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bunga telang juga memiliki efek samping. Berikut manfaat dan bahaya bunga telang. Ilustrasi. Meski dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bunga telang juga memiliki efek samping. Berikut manfaat dan bahaya bunga telang. (Foto: iStockphoto/Adam_Lee_MY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bunga telang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga berwarna biru keunguan ini banyak dimanfaatkan untuk campuran kosmetik, pewarna makanan, sampai dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan.

Namun selain bermanfaat, bunga bernama latin Clitoria Ternatea ini juga memiliki efek samping yang berbahaya pada tubuh. Oleh sebab itu, penting mengetahui apa saja manfaat dan bahaya bunga telang sebelum mengonsumsinya.

Dengan mengetahuinya Anda akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi bunga telang sehingga dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan.

Manfaat Bunga Telang

bunga telangIlustrasi. Manfaat dan bahaya bunga telang (Foto: iStockphoto/Henvi Dhya Valvanti)

Berikut manfaat dan bahaya bunga telang yang dilansir dari laman Healthline.

1. Mengontrol gula darah

Bunga telang cukup efektif mengurangi risiko dari penyakit berbahaya seperti diabetes hingga kardiovaskular.

Rutin mengonsumsi teh bunga telang dapat bermanfaat meningkatkan kadar antioksidan serta mengurangi kadar gula darah dan insulin.

Sifat antioksidan pada bunga telang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan komplikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes.

2. Menurunkan berat badan

teh bunga telangIlustrasi. Manfaat dan bahaya bunga telang, menurunkan berat badan (Foto: iStockphoto/Tatyana Berkovich)

Bunga telang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ekstrak bunganya diklaim mampu memperlambat pembentukan sel lemak sekaligus memblokir sintesis sel-sel lemak di dalam tubuh.

Bunga telang sendiri tidak mengandung kafein, kolesterol, lemak, atau karbohidrat sehingga aman dikonsumsi sebagai minuman herbal.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Bunga telang banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan tubuh seperti pelembap atau serum karena baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Ekstrak bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70 persen setelah diaplikasikan pada kulit. Hal itu karena kandungan beragam antioksidan yang terdapat di dalam bunga telang.

Bahaya Bunga Telang

Beautiful blue clitoria ternatea or blue butterfly pea flower in a garden with green leaves on background.This flower commonly known as Asian pigeonwings.Ilustrasi. Manfaat dan bahaya bunga telang (Foto: iStockphoto/Soumen Tarafder)

Jika ingin meminum teh bunga telang, sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Pasalnya, teh bunga telang dapat memberikan efek samping seperti mual, sakit perut, dan diare jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau memiliki alergi sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter jika ingin meminum teh bunga telang.

Cara Mengonsumsi Bunga Telang

Umumnya, bunga telang dikonsumsi dengan cara diseduh selayaknya membuat teh. Cara membuat teh bunga telang sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan 1 sendok teh bunga telang kering pada cangkir dan tambahkan 240 ml air panas.

Biarkan teh terendam terendam air selama 10-15 menit, kemudian saring. Anda dapat menikmatinya selagi panas atau disajikan dingin dengan tambahan es batu.

Agar rasanya semakin nikmat, Anda dapat menambahkan sedikit jus lemon, air jeruk nipis, atau madu.

Itulah manfaat dan bahaya bunga telang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER