Alasan Kenapa Penumpang Dianjurkan Pilih Penerbangan Pagi

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 12:30 WIB
Memilih penerbangan pagi lebih kecil kemungkinannya untuk tertunda dibandingkan dengan penerbangan sore dan malam hari. Ilustrasi keberangkatan pesawat saat pagi. (Foto: AFP/ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memilih waktu penerbangan yang tepat dapat membuat kamu mendapatkan pengalaman terbang yang berbeda dari biasanya.

Banyak pelancong yang memilih penerbangan pagi hari untuk mengurangi stres saat bandara sedang padat. Pasalnya, memilih penerbangan pertama memang dapat membuahkan beberapa manfaat.

Menurut data yang dikumpulkan FiveThirtyEight, penerbangan pagi lebih kecil kemungkinannya untuk tertunda dibandingkan dengan penerbangan sore dan malam hari.

Untuk menghindari keterlambatan pesawat, sebaiknya memilih keberangkatan sebelum jam 8 pagi. Dari jam 8 pagi, waktu delay meningkat mencapai puncaknya yakni sekitar pukul 6 sore, mengutip Travel + Leisure.

Performa pesawat yang tepat waktu sesuai jadwal di pagi hari adalah berkat lalu lintas udara yang sepi. Wilayah udara cenderung tidak ramai di pagi hari, lantaran semua penerbangan di hari-hari sebelumnya telah lama mendarat.

Oleh karena itu, ketika pesawat menumpuk dan menunggu lepas landas, pengontrol lalu lintas udara mulai menunda keberangkatan dan pendaratan.

Selain terhindar dari penundaan penerbangan, jadwal pesawat pagi hari dikatakan tidak terlalu rentan terhadap turbulensi. Menurut National Severe Storms Laboratory, sebagian besar badai petir cenderung terjadi pada sore hari.

Tak hanya itu, beberapa maskapai pesawat juga sering kali menjual penerbangan pertama mereka di pagi hari dengan harga yang lebih murah daripada penerbangan di sore dan malam hari. Hal ini lantaran penumpang lebih memilih untuk tidur di dalam penerbangan.

Editor Airliner World, Gordon Smith, menjelaskan, dengan memilih penerbangan jadwal pagi, kamu bisa terhindar dari kejadian drama penerbangan yang tidak terduga.

Kendati penerbangan malam hari dianggap terasa lebih nyaman, namun nyatanya itu lebih berisiko. Sebab, jika terjadi penundaan penerbangan dari jadwal penerbangan sebelumnya, akan itu bakal terakumulasi di malam hari.

Nah, jika memilih penerbangan pagi, tentu ada hal lain yang mesti dilakukan. Cobalah untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan kenyamanan dan menghindari kesengsaraan dalam penerbangan kamu.

(del/wiw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER