Korea Selatan Hapus Syarat Tes PCR-19 Buat Turis Asing Mulai Hari Ini

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 12:50 WIB
Per hari ini, Korea Selatan resmi menghapus tes PCR Covid-19 untuk wisatawan yang masuk ke negara tersebut. Per hari ini, Korea Selatan resmi menghapus tes PCR Covid-19 untuk wisatawan yang masuk ke negara tersebut. ( CNN Indonesia/ Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia --

Per hari ini, Korea Selatan resmi menghapus tes PCR Covid-19 untuk wisatawan yang masuk ke negara tersebut.

Sebelumnya pelancong yang masuk ke Korea Selatan memang wajib melakukan tes PCR dalam waktu 24 jam sejak kedatangan. Namun aturan itu akhirnya dihapus dan mulai berlaku per 1 Oktober 2022.

Sebelum tes PCR bagi pelancong dihapus, Korea Selatan sebagaimana melansir CNA juga telah menghapus syarat wajib tes Covid-19 pada pra keberangkatan. Aturan ini dicabut pada awal September lalu.

Pemerintah Korea Selatan memang telah melonggarkan pembatasan Covid-19 karena infeksi di negara itu secara bertahap terus mengalami penurunan. Korea Selatan melaporkan 28.497 infeksi COvid-19 baru pada Jumat, dibandingkan dengan 29.097 kasus pada minggu sebelumnya.

Proporsi infeksi dari luar negeri juga menurun. Penurunan bahkan mencapai 0,9 persen pada September, dari sebelumnya 1,3 persen di bulan sebelumnya. Tingkat kematian subvarian BA.5 juga cukup rendah.

Meski demikian, Korea Selatan bisa kembali meningkatkan pembatasan jika muncul varian virus yang berisiko dan situasi virus global berubah. Hal ini sebagaimana diungkap oleh Wakil Menteri Kesehatan Kedua Lee Ki-il beberapa waktu lalu.

"Kami berada di tahap akhir pandemi Covid-19. Kami mengantisipasi gelombang lain di musim dingin, tetapi kami akan mengatasi virus melalui persiapan yang matang," kata Lee.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER