Imbas 'White Lives Matter', Adidas Tinjau Kerja Sama dengan Kanye West

CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 19:30 WIB
Buntut kaus bertuliskan 'White Lives Matter', Adidas kini tengah meninjau ulang kerja samanya dengan rapper sekaligus desainer Kanye West. Buntut kaus bertuliskan 'White Lives Matter', Adidas kini tengah meninjau ulang kerja samanya dengan rapper sekaligus desainer Kanye West. (Jewel SAMAD / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jenama Adidas sedang meninjau kerja samanya dengan rapper sekaligus desainer Kanye West. Keputusan ini diambil buntut kontroversi pertunjukan mode Yeezy dan kaus bertuliskan 'White Lives Matter' di Paris Fashion Week kemarin.

Dalam sebuah pernyataan, Adidas menyebut kemitraan dengan Yeezy sebagai salah satu kolaborasi paling sukses. Namun, kemitraan yang sukses berakar dari rasa saling menghormati dan ada nilai bersama yang dijunjung.

"Setelah upaya berulang kali untuk menyelesaikan situasi secara pribadi, kami telah mengambil keputusan untuk menempatkan kemitraan dalam peninjauan. Kami akan terus mengelola bersama produk terkini selama periode ini," ungkap jenama dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari Entertainment Tonight.

Rupanya, West tidak tinggal diam. Seperti dikutip dari TMZ, ia langsung terjun ke Instagram pribadinya dan menyebut Adidas telah 'memperkosa dan mencuri desain' miliknya. Namun, unggahan ini sudah hilang dari akunnya.

Sebelumnya, West menabur 'huru-hara' dalam pertunjukan mode jenama Yeezy di gelaran Paris Fashion Week. Di pertunjukan bertajuk YZY SZN 9 ini, ia mengenakan kaus bertuliskan 'White Lives Matter'.

Tak hanya itu, mantan suami Kim Kardashian ini juga mengolok editor Vogue Gabriella Karefa-Johnson di media sosial setelah sang editor melayangkan kritik.

Aksi ini menuai reaksi dari sejumlah selebriti. Namun, unggahan olok-olok ini tak bertahan lama dan ditutup oleh konfirmasi West yang mengatakan bahwa mereka telah berdamai.

West telah bekerja sama dengan Adidas sejak 2016. Sebelum ada keputusan untuk peninjauan kerja sama, bulan lalu ia sempat mendiskusikan masa depannya dengan Adidas dan Gap.

West merasa suaranya diabaikan. Padahal, dia turut menciptakan produk di Adidas dan Gap.

"Itu berarti bahwa saya ada di sana untuk beberapa agenda tertentu, bukan untuk Yeezy Gap menjadi segalanya, atau mimpi yang saya miliki tentang apa itu Gap. Sudah waktunya bagi saya untuk membuat produk saya sendiri," kata West, dalam program Good Morning America.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER