5 Langkah Mencuci Handuk Berjamur, Jangan Sampai Ditunda

tim | CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 10:00 WIB
Handuk yang berjamur tentunya berbahaya jika digunakan, tetapi Anda masih dapat mencuci handuk berjamur. Simak langkahnya. Ilustrasi. Cara mencuci handuk berjamur (Foto: istockphoto/ Михаил Руденко)
Jakarta, CNN Indonesia --

Handuk yang berjamur tentunya berbahaya jika digunakan. Namun jangan buru-buru membuangnya, sebab Anda masih dapat mencuci handuk berjamur dan menggunakannya kembali.

Handuk sendiri memang rentan sekali berjamur, sebab kerap basah dan lembap setelah digunakan. Hal tersebut bisa mengakibatkan handuk jadi berbau tak sedap dan muncul bercak-bercak jamur yang dapat memicu gangguan kesehatan apabila digunakan. 

Jamur yang menempel di handuk berbahaya terlebih untuk kesehatan kulit, tetapi Anda dapat membersihkannya. Cara untuk membersihkannya pun terbilang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan mesin cuci.

Berikut ini cara mencuci handuk berjamur yang dilansir dari laman Hunker.

1. Kibaskan handuk berjamur

ilustrasi handukIlustrasi. Cara mencuci handuk berjamur, langkah pertama kibaskan handuk (Foto: istockphoto/humonia)

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencucinya adalah dengan mengibaskan handuk berjamur. Anda bisa menggunakan masker untuk melindungi diri dari serbuk jamur agar tidak terhirup.

Sebaiknya lakukan ini di luar ruangan. Hindari mengibaskannya di dalam rumah, sebab spora jamur dapat menemukan tempat untuk tumbuh, seperti di karpet, sofa, dinding, dan permukaan lainnya.

2. Cuci handuk dengan air panas

Setelah membersihkan handuk dari jamur yang menempel, langkah berikutnya adalah mencuci handuk menggunakan air panas atau suhu yang direkomendasikan produsen handuk.

Anda dapat menambahkan detergen, boraks, dan pemutih ke dalam mesin cuci. Kemudian pilih siklus pencucian yang lebih lama.

3. Rendam handuk selama 30-60 menit

Ulangi siklus pencucian jika handuk masih memiliki noda jamur. Kemudian diamkan handuk terendam selama 30-60 menit sebelum siklus bilas dan peras.

Handuk berjamur yang terendam detergen, boraks, dan pemutih akan bersih secara perlahan-lahan selama proses perendaman tersebut.

4. Keringkan dengan mesin cuci

Setelah proses bilas dan peras selesai, selanjutnya adalah melakukan pengeringan. Anda dapat mengeringkannya dalam mesin pengering selama 5-10 menit.

Jika ingin mendapatkan aroma yang wangi pada handuk, Anda dapat merendamnya terlebih dahulu selama beberapa menit dengan pewangi sebelum dikeringkan.

5. Jemur di bawah sinar matahari

ilustrasi handukIlustrasi. Cara mencuci handuk berjamur, jemur handuk di bawah sinar matahari langsung (Foto: istockphoto/ Zbynek Pospisil)

Terakhir, jemur handuk di luar rumah dan di bawah sinar matahari langsung agar benar-benar kering sempurna.

Matahari dapat membantu memutihkan noda. Sementara udara segar dapat membantu menghilangkan bau tak sedap.

Demikian sejumlah cara mencuci handuk berjamur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(juh/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER