5 Manfaat Micin untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

tim | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 14:00 WIB
Dikenal sebagai penyedap makanan, ternyata ada sejumlah manfaat micin untuk tanaman. Simak selengkapnya berikut ini. Ilustrasi. Manfaat micin untuk tanaman dan cara menggunakannya (Foto: iStockphoto/panida wijitpanya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama ini monosodium glutamat (MSG) atau yang dikenal dengan sebutan micin dikenal hanya sebagai penyedap rasa makanan. Padahal ada juga manfaat micin untuk tanaman.

Merujuk laman Whyfarmit, micin dapat dimanfaatkan menjadi pupuk yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Kandungan nitrogen dan mineral yang tinggi pada micin ternyata dapat menutrisi dan membantu perkembangan tanaman.

Micin juga banyak digunakan sebagai alternatif pupuk dengan harga yang murah. Oleh sebab itu, pupuk micin banyak digunakan oleh para petani atau orang-orang yang gemar berkebun yang memiliki anggaran terbatas.

Manfaat Micin untuk Tanaman

Berikut ini adalah manfaat micin untuk tanaman yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kesehatan tanaman

Bunny ears cactus variety closeupIlustrasi. Manfaat micin untuk tanaman, salah satunya meningkatkan kesehatan tanaman (Foto: iStockphoto/Bilal photos)

MSG bermanfaat untuk meningkatkan tanaman dan produksi buah dan bunga, seperti pada pohon kelapa, sukulen, dan beberapa jenis kaktus.

Selain itu, sebagian besar sayuran juga dapat memanfaatkan micin. Penggunaan micin untuk tanaman dapat meningkatkan produksi tanaman dan membuatnya bebas dari penyakit dan hama.

2. Meningkatkan kadar air tanaman

Senyawa natrium yang terdapat di dalam micin dapat meningkatkan kandungan air di dalam tanaman. Dengan demikian, micin dapat mencegah tanaman kekurangan air.

Meski demikian, Anda tetap harus memerhatikan penggunaan micin sebagai pupuk. Pasalnya terlalu banyak diaplikasikan pada tanaman dapat menyebabkan daun terbakar dan merusak bagian tepi daun.

3. Menyehatkan bunga

Lavatera trimestris, commonly known as tree mallow, annual mallow, rose mallow, royal mallow and regal mallow, is a flowering plant to the Mediterranean area, which produces saucer-shaped pink and white flowers from summer to early autumn (July-September).Ilustrasi. Manfaat micin untuk tanaman, salah satunya menyehatkan bunga (Foto: iStockphoto/magicflute002)

Tanaman berbunga juga dapat menggunakan micin sebagai perawatan rutin. Micin mengandung potasium yang dapat membuat bunga jadi lebih sehat.

Micin dapat dimanfaatkan untuk memacu perkembangan akar, meningkatkan bunga, dan meningkatkan kesehatan tanaman hias secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kualitas tanah

Bahan organik yang terdapat di dalam micin juga dapat meningkatkan kualitas tanah dan membantu retensi air sehingga tanah jadi kaya nutrisi dan menyehatkan tanaman.

Tak hanya itu, belerang yang terkandung di dalam micin juga berfungsi sebagai desinfektan tanah dan membersihkannya dari bakteri penyebab penyakit.

5. Membuat tanaman tahan dari hama dan penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa micin dapat membuat tanaman terhindar dari hama dan penyakit. Kalium yang terdapat dalam micin dapat menjaga ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Selain itu, kalium dalam micin juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Bagaimana Cara Menggunakan Micin untuk Tanaman?

ilustrasi micin atau MSGIlustrasi. Manfaat micin untuk tanaman dan cara menggunakannya (Foto: iStockphoto/Doucefleur)

Apabila Anda ingin menggunakan micin sebagai pupuk semprot, Anda dapat melakukannya di malam hari agar daun memiliki waktu untuk menyerap cairan. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Isi wadah dengan kurang lebih 5 liter air.
  2. Tambahkan 1-2 sendok makan micin, lalu aduk rata.
  3. Masukkan dalam botol semprot dan semprotkan pada daun atau bagian tanah tanaman secukupnya.

Itulah manfaat micin untuk tanaman dan cara menggunakannya. Semoga dapat bermanfaat.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER