Dikeluhkan Banyak Pasien, Ini Gejala Covid-19 yang Dominan Saat Ini

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 04:34 WIB
Dokter melihat ada satu gejala yang cukup khas dari Covid-19. Gejala ini cukup banyak dikeluhkan pasien dalam beberapa waktu terakhir. Ilustrasi. Dokter melihat ada satu gejala yang cukup khas dari Covid-19. (iStockphoto/oonal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus konfirmasi positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk jangan abai pada gejala-gejala Covid-19 yang mungkin muncul.

Dokter di RSUP Persahabatan, Praseno Hadi mengatakan bahwa meski meningkat, tapi gejala yang diderita pasien sebenarnya tidak terlalu parah. Gejala yang diderita biasanya hanya seputar demam hingga batuk kering.

"Gejala-gejala ini juga bisa sembuh dalam tiga atau lima hari setelah dinyatakan positif," kata Hadi dalam siaran YouTube BNPB, beberapa waktu lalu.

Namun, Hadi melihat ada satu gejala yang cukup khas dari infeksi SARS-CoV-2. Gejala itu adalah nyeri otot dan sendi.

Nyeri otot, pegal linu, dan tubuh yang terasa lemas belakang memang jadi salah satu gejala yang banyak dikeluhkan pasien.

"Demam yang disertai nyeri otot. Nyeri otot itu jadi salah satu gejala Covid-19," katanya.

Seiring berjalannya waktu, gejala Covid-19 semakin beragam. Virus penyebab tak cuma menyerang saluran pernapasan, tapi juga organ lainnya.

Bahkan, penyakit yang pertama kali ditemukan di China ini juga bisa menyebabkan diare jika yang diserang adalah saluran pencernaan.

"Makanya ada pasien yang mengalami diare, karena virus ini tidak fokus serang satu organ saja," katanya.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab satu-satunya cara mencegah tertular Covid-19 adalah dengan disiplin diri dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat diimbau untuk tidak lupa mengenakan masker saat beraktivitas, rajin mencuci tangan, dan sebisa mungkin menghindari kerumunan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk segera memeriksakan diri jika mengalami beberapa gejala Covid-19. Segera lakukan uji swab PCR atau antigen untuk memastikan.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER