Benarkan Minum Jus Wortel Ampuh untuk Turunkan Mata Minus?

tim | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 07:00 WIB
Berapa kali Anda dengar saran mata minus minum jus wortel? Jus wortel yang penuh kandungan vitamin A disebut bisa menurunkan mata minus. Berapa kali Anda dengar saran mata minus minum jus wortel? Jus wortel yang penuh kandungan vitamin A disebut bisa menurunkan mata minus.(couleur/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berapa kali Anda dengar saran mata minus minum jus wortel? Jus wortel yang penuh kandungan vitamin A disebut bisa menurunkan mata minus.

Dokter spesialis mata Zoraya A. Feranthy mengungkapkan bahwa tak ada hal apapun yang bisa menurunkan mata minus, tak terkecuali jus wortel.

Zoraya juga menegaskan bahwa memberikan jus wortel pada anak yang memiliki riwayat miopi tidak bisa membuat mata minus sembuh.

Banyak mitos menyebar di kalangan orang tua bahwa beberapa kebiasaan seperti minum jus wortel dan rajin menggunakan kacamata dapat menyembuhkan mata minus pada anak secara total. Faktanya, ini semua hanyalah mitos.

"Kalau dia sudah terbentuk panjang bola matanya, memang dia cenderung akan bertambah minusnya daripada berkurang. Memang ada penelitian yang mengatakan ada pengurangan, namun hasilnya tidak signifikan," jelasnya soal mata minus minum jus wortel.

"Definisi sembuh itu mata minusnya stabil, bukan hilang. Apapun metodenya tidak bisa menghilangkan mata minus, kecuali dengan tindakan pembedahan nanti pada saat usia anak sudah dewasa," ucap Zoraya pada acara konferensi pers di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (23/11).

"Jadi, yang sering didengar adalah lasik dan sejenisnya. Itu bisa dilakukan setelah anak mencapai usia kematangan, stabil minus matanya dan tidak bertambah lagi, kemudian dilakukan suatu tindakan pembedahan, baru mungkin bisa sembuh."

Tak dimungkiri kalau sudah lama diyakini bahwa makan wortel meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan Anda, terutama di malam hari. Hubungan antara wortel dan kesehatan mata berasal dari mitos.

Selama Perang Dunia II, pilot Angkatan Udara Kerajaan Inggris pertama kali mulai menggunakan radar untuk menargetkan dan menembak jatuh pesawat musuh. Dalam upaya untuk merahasiakan teknologi baru ini, keakuratan visual para pilot - terutama pada malam hari - dikaitkan dengan memakan wortel.

Hal ini menyebabkan kampanye propaganda jangka panjang yang mempromosikan wortel untuk penglihatan yang lebih baik. Tautan yang menghiasi antara makan wortel dan peningkatan penglihatan malam ini tetap ada sampai sekarang.

Namun, meski demikian wortel bukan makanan ajaib seperti yang disebutkan selama Perang Dunia II, wortel memang mengandung senyawa tertentu yang baik untuk mata Anda.

Wortel kaya akan beta karoten dan lutein, yaitu antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan, dan penyakit kronis, termasuk penyakit mata, jika jumlahnya terlalu tinggi.

Mengutip Healthline, Beta karoten memberi warna pada banyak tanaman merah, oranye, dan kuning. Wortel oranye sangat tinggi beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam, yang seringkali dapat dipulihkan dengan suplemen. Vitamin A diperlukan untuk membentuk rhodopsin, yaitu pigmen ungu kemerahan peka cahaya di sel mata Anda yang membantu Anda melihat di malam hari.

Jadi benarkah mata minus minum jus wortel? Tubuh Anda menyerap dan menggunakan beta karoten lebih efisien saat Anda makan wortel yang dimasak daripada yang mentah. Selain itu, vitamin A dan prekursornya larut dalam lemak, jadi makan wortel dengan sumber lemak meningkatkan penyerapan.

Wortel kuning mengandung paling banyak lutein, yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi di mana penglihatan Anda secara bertahap kabur atau hilang.

Mengutip WebMD, wortel kaya akan vitamin A, nutrisi penting untuk penglihatan yang baik. Makan wortel akan memberi Anda sedikit vitamin A yang dibutuhkan untuk penglihatan yang baik, tetapi vitamin A tidak terbatas wortel semata. 

Makanan dengan vitamin A juga dapat ditemukan dalam susu, keju, kuning telur, dan hati. Jadi makan lebih banyak wortel tidak akan membantu meningkatkan penglihatan Anda jika Anda mendapatkan cukup vitamin A dalam diet Anda. Meski demikian jangan berharap 100 persen mata minus minum jus wortel akan berkurang minusnya atau sembuh.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER