5 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin IndoVac, Dipakai Booster Jokowi

CNN Indonesia
Kamis, 24 Nov 2022 16:15 WIB
Vaksin IndoVac digunakan untuk vaksinasi keempat atau booster kedua oleh Presiden Joko Widodo. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui soal vaksin IndoVac. Vaksin IndoVac digunakan untuk vaksinasi keempat atau booster kedua oleh Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksin IndoVac digunakan untuk vaksinasi keempat atau booster kedua oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi melakukan booster dengan vaksin buatan anak bangsa itu tepat hari ini, Kamis (24/11).

"Vaksin yang dipakai pada pagi hari ini, yaitu vaksin IndoVac, produk 100 persen dalam negeri," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor setelah melakukan injeksi.

Apa itu vaksin IndoVac?

Sejak 2021 lalu, vaksinasi Covid-19 terus digencarkan. Bukan hanya vaksin pertama dan kedua, dosis ketiga atau booster pertama juga telah dilakukan.

Vaksin yang digunakan selama ini berasal dari luar negeri, mulai dari Sinovac, Astrazeneca, Moderna, hingga Pfizer sebagai langkah memerangi Covid-19.

Kini, untuk dosis keempat, Indonesia mulai gencar menggunakan vaksin buatan sendiri, yakni IndoVac. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang vaksin IndoVac yang merupakan produk anak bangsa:

1. Produksi Bio Farma

Vaksin IndoVac dikembangkan oleh PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine. Hampir 90 persen protein yang terkandung di vaksin ini merupakan buatan anak bangsa.

2. Sudah dapat sertifikat halal

Penggunaan vaksin ini juga telah disetujui oleh MUI. Bahkan, sertifikat halalnya sudah dikeluarkan oleh BPJPH Kementerian Agama.

3. Dapat izin EUA dari BPOM

vaksin IndoVacIlustrasi. Vaksin IndoVac telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 IndoVac. Dengan dikeluarkannya izin tersebut, vaksin ini bisa digunakan untuk booster kedua alias dosis keempat.

Izin itu dikeluarkan pada 28 September untuk penggunaan vaksin primer usia dewasa.

"Vaksin IndoVac untuk booster-nya sudah kami keluarkan," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers, Jumat (4/11).

4. Disiapkan juga untuk anak-anak

Bukan hanya untuk orang dewasa, vaksin ini juga ditargetkan bisa digunakan pada anak-anak. PT Bio Farma saat ini tengah menyiapkan agar vaksin IndoVac bisa digunakan pada anak berusia 12-17 tahun.

Mereka menargetkan agar izin penggunaan darurat bisa diterbitkan awal Desember 2022 mendatang.

5. Jokowi jadi salah satu pengguna booster IndoVac

Langkah booster keempat dengan vaksin buatan anak negeri juga didukung kuat oleh pemerintah. Jokowi, sebagai orang nomor wahid di Indonesia, menjadi salah satu pengguna vaksin IndoVac untuk booster kedua.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER