7 Cara Memutuskan Pacar lewat WA tanpa Menyakiti Hatinya

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 12:00 WIB
Mengakhiri hubungan bukanlah perkara yang mudah. Simak cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya. Ilustrasi. Cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya (Foto: iStock/FreshSplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengakhiri hubungan bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kamu berniat melakukannya melalui chat WhatsApp (WA). Sebenarnya, adakah cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya?

Pada dasarnya perpisahan sendiri tidak selalu buruk, terutama jika hubungan yang terjalin toksik dan tidak layak untuk dipertahankan. Kamu bisa mencoba beberapa cara memutuskan hubungan melalui pesan WA apabila merasa itu adalah keputusan yang terbaik.

Meskipun tidak menyenangkan, tetapi dengan niat dan upaya terbaik yang kamu lakukan, setidaknya hal tersebut tidak begitu menyakiti perasaannya.

Cara Memutuskan Pacar lewat WA tanpa Menyakiti Hatinya

Berikut ini beberapa cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti yang dilansir dari laman Marriage.

1. Mulai dengan apresiasi

Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.Ilustrasi. Cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya, mulailah dengan apresiasi (Foto: iStockphoto/Sitthiphong)

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yakni mengirimkan pesan yang berisi apresiasi atau pujian yang baik tentangnya. Namun, jangan sampai kamu mengatakannya secara berlebihan.

Sebagai contoh kamu bisa mengatakan kalau dia adalah sosok yang baik dan menyenangkan.

2. Utarakan dengan jujur

Selanjutnya, mulailah ungkapkan apa yang menjadi tujuan kamu dengan jujur kepadanya. Katakan hal yang membuat dia mengerti perasaanmu.

Kamu bisa memulainya dengan mengatakan kalau kamu ingin membicarakan sesuatu dari dalam hatimu.

3. Ceritakan ketidaknyamanan kamu dalam hubungan

Setelah itu, kamu bisa mengatakan apa saja hal dalam hubungan yang membuat kamu dan dia sudah tidak cocok. Kamu juga bisa mengatakan apa hal yang membuatmu tidak nyaman.

Perlu diingat untuk tidak langsung mengatakan hal ini. Sebaiknya beri dahulu pujian dan utarakan niat kamu terlebih dahulu sebelum menceritakan ketidaknyamanan.

4. Berikan alasan

Jangan lupa untuk memberikan alasan yang jelas dan spesifik agar dia merasakan kejujuranmu. Memang terkadang, kejujuran itu menyakitkan, tetapi tentunya hal tersebut adalah hal yang terbaik.

Hindari memutuskan hubungan tanpa alasan yang jelas, terlebih jika kamu melakukannya melalui WhatsApp.

5. Berikan kalimat positif

Ilustrasi WhatsAppIlustrasi. Cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya, berikan kalimat positif (Foto: istockphoto/ gilaxia)

Berikanlah kata-kata perpisahan yang positif. Kamu bisa mengingat berbagai hal indah yang pernah kalian lalui dan betapa dia pernah memberikan warna dalam kehidupanmu.

Tunjukkan bahwa kamu juga peduli dengan perasaannya, dan yakinkan bahwa perpisahan adalah jalan terbaik untuk kalian berdua.

6. Ucapkan permohonan maaf

Bagaimana pun perpisahan pastinya menyakitkan, terlebih kamu memutuskannya melalui pesan WA. Oleh sebab itu, akhiri pesan dengan permintaan maaf.

Kamu bisa mengatakan maaf karena hubungan kalian berakhir seperti ini. Namun, kamu juga harus mengatakan bahwa bukan berarti kamu tidak peduli akan perasaannya.

7. Berikan pemahaman

Terakhir, kamu harus bisa mengatakan bahwa keputusan untuk berpisah merupakan jalan terbaik untuk kalian berdua. Kamu juga bisa mengatakan bahwa telah memikirkan hal ini dengan matang.

Berikan pemahaman bahwa meneruskan hubungan mungkin malah dapat menyakiti kalian satu sama lain.

Demikian cara memutuskan pacar lewat WA tanpa menyakiti hatinya. Semoga bermanfaat.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER