Merayakan Masa Adven, Masa Persiapan Hati Jelang Natal

tim | CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 16:45 WIB
Tanggal 27 November 2022, umat Kristiani akan memasuki masa adven. Adven adalah masa persiapan menjelang Natal. Tanggal 27 November 2022, umat Kristiani akan memasuki masa adven. Adven adalah masa persiapan menjelang Natal. (iStockphoto/MKucova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanggal 27 November 2022, umat Kristiani akan memasuki masa adven. Adven adalah masa persiapan menjelang Natal.

Masa Adven berlangsung selama empat pekan berturut-turut menjelang Natal atau kelahiran Yesus.

Adven dimulai pada hari Minggu yang jatuh antara 27 November dan 3 Desember setiap tahunnya dan berakhir jelang masa perayaan Natal.

Berbagai catatan menyebut sejak masa Gereja awal, umat beriman telah menantikan kedatangan Kristus kembali, hingga akhirnya peringatan masa Adven terlihat pada abad ke-6.

Pada abad ke-6 ini, orang Kristen Roma telah menganggap Adven sebagai masa kedatangan Kristus sebagai hakim dunia. Barulah pada Abad Pertengahan, masa Adven dikaitkan dengan kedatangan Kristus yang pertama di hari Natal.

Dalam bahasa latin, adven adalah kedatangan atau kunjungan.Masa Adven adalah awal dari tahun rohani bagi gereja-gereja ini, dan dirayakan padaempat hari Minggu sebelum Hari Natal.

Mengutip CNN, secara spiritual, ini dimaksudkan sebagai perayaan kelahiran Yesus di Bumi sekitar 2.000 tahun yang lalu tetapi jugasebagai persiapan dan antisipasikedatangan Kristus yang kedua kalinya.

Dalam pesan Natal KWI-PGI 2022, di masa Adven ini, Umat Kristiani diharapkan bisa menemukan jalan menuju Tuhan.

"Jalan lain itu dapat dipahami juga secara rohani. Sesudah bertemu dengan Yesus, orang tidak lagi hidup dengan cara lama, tetapi dengan cara yang baru, menjadi manusia baru. Dengan demikian, Natal juga mengajak kita untuk menemukan jalan baru dan kreatif dalam mewartakan kasih_nya kepada sesama dan semua mahluk ciptaan," tulis pesan tersebut dikutip dari KAJ.

Masa adven juga identik dengan berbagai benda khas. Salah satu cara untuk menandai masa persiapan Adven adalah dengan memasang lingkaran Adven (Advent Wreath) berupa karangan bunga.

Lingkaran Adven ini menjadi simbol kehidupan yang berkelanjutan, tanpa awal dan akhir.

Simbol ini juga merujuk pada aspek spiritual mengenai kebaruan dan janji kehidupan kekal dan keselamatan yang ditawarkan melalui pengorbanan Yesus Kristus (Yohanes 3:16).

Meski demikian, terlepas dari tradisi perayaan Adven tidak ada aturan khusus tentang cara umat harus merayakan Adven.

Bagaimana pun masa Adven adalah untuk memperingati kedatangan Yesus dan mempersiapkan kedatangannya yang kedua, dan merayakan sukacita Natal bersama.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER