Daftar Lengkap Destinasi Wisata Jawara di API 2022, Aceh Terbanyak

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Nov 2022 20:02 WIB
Aceh meraih juara pertama terbanyak dalam berbagai kategori di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022. Kok bisa? Pantai Iboih, salah satu spot diving yang mendapat penghargaan API 2022. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Banda Aceh, CNN Indonesia --

Aceh menggondol juara terbanyak dalam sejumlah kategori saat menjadi tuan rumah ajang penghargaan wisata Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022. Bagaimana bisa?

Kepastian 'juara umum' itu didapat setelah enam destinasi pariwisata Aceh meraih juara 1 di masing-masing kategori yang dilombakan.

Destinasi Aceh yang meraih juara satu yaitu kategori makanan tradisional Lokan Badaruk dari Aceh Singkil, kemudian kategori promosi digital @bandaacehtourism dari Banda Aceh, kategori brand pariwisata pesona pesisir Timur Aceh dari Langsa.

Selanjutnya kategori cinderamata diraih oleh tenun putri lindung bulan dari Aceh Tamiang, kemudian dua dari Aceh Selatan yaitu kategori situs sejarah Benteng Trumon dan kategori destinasi kreatif Pulau Dua.

Destinasi lainnya yang mendapat juara ketiga yaitu kategori wisata air Diving Gampong Iboih Sabang dan kategori ekowisata Tahura Lae Kombih Subulussalam. Kemudian kategori dataran tinggi Bur Telege Aceh Tengah meraih juara dua dan kategori surga tersembunyi Terujak Fals dari Aceh Timur meraih juara dua.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal mengaku hasil itu tidak terlepas dari kerja keras dan semangat bekerja sama para peserta nominasi.

"Ini berkat kerja keras dan kolaboratif semua pihak hingga membuahkan hasil Aceh meraih kembali juara umum API Awards untuk yang kedua kalinya secara berturut sejak 2021," kata dia, usai menutup malam puncak API Awards 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (25/11) malam.

Ia mengatakan juara umum ini juga tidak terlepas dari semakin masifnya warga untuk terus mempromosikan destinasi wisata di daerahnya melalui konten-konten di media sosial.

Almuniza pun mengingatkan agar pemenang jangan cepat berpuas diri dan harus tetap berinovasi dengan mengedepankan prinsip memuliakan tamu terhadap wisatawan.

"Kita harus menggaungkan 'peumulia jamee adat geutanyoe' dalam mengembangkan pariwisata, dengan konsep atraksi, aksesibilitas dan amenitas (3A), sehingga pengelolaannya berjalan baik dan destinasi tersebut banyak diminati," ujar Almuniza.

Sebagai informasi, API merupakan gelaran penghargaan wisata tahunan yang digelar pihak non-pemerintah meski pesertanya termasuk pihak pemda hingga industri wisata swasta.

Jajaran Steering Comitee-nya terdiri dari Patrice Rio Capella (advisor API yang juga mantan terpidana kasus korupsi bansos), Muhammad Syafaat (founder API), Hiro Kristianto (Chairman API).

Pada gelaran tahun ini, 134 Kabupaten/Kota serta 34 Provinsi masuk sebagai nominasi. Panitia Penyelenggara juga mencatat penyelenggaraan kali ini mendapai 483.548 vote dengan sekitar 20 persen berasal dari audiens di luar negeri.

Untuk lengkapnya, 18 kategori yang dilombakan pada Anugerah Pesona Indonesia Awards 2022 serta pemenangnya antara lain:

Kategori Makanan Tradisional

1. Lokan Badaruk dari Kabupaten Aceh Singkil

2. Nasi Kapau Kabupaten Agam

3. Gula Puan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kategori Destinasi Kreatif

1. Pulau Dua Kabupaten Aceh Selatan

2. Agrowisata Tanjung Saksi Kabupaten Lahat

3. Taman Bunga Anugerah Kota Bengkulu

Kategori Promosi Pariwisata Digital

1. [email protected] Kota Banda Aceh

2. [email protected] Kabupaten Berau

3. Travelbuteng.ID kabupaten Buton Tengah

Kategori Brand Pariwisata

1. Pesona Pesisir Timur Aceh Kota Langsa

2. The Heart of Flores Kabupaten Nagekeo

3. Beautiful Malang Kota Malang

Kategori Cindera Mata

1. Tenun Putri Lindung Bulan Kabupaten Aceh Tamiang

2. Parfum Rempah Myristica Botaniga Kabupaten Pakpak

3. Keramik Kachio Kabupaten Lima Puluh Kota

Ketegori baru hingga juara favorit di halaman berikutnya...

Situs Sejarah Hingga Destinasi Baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER