Gopchang, Usus Bakar Korsel yang Viral Gara-gara BTS dan Mamamoo

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 16:47 WIB
Gopchang atau usus sapi Korea yang dibakar dan digoreng tengah viral di Media Sosial, terutama di TikTok. Apa itu gopchang? Gopchang atau usus sapi Korea yang dibakar dan digoreng tengah viral di Media Sosial, terutama di TikTok. Apa itu gopchang? ( iStockphoto/lionet80)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gopchang atau usus sapi Korea bakar dan digoreng tengah viral di Media Sosial, terutama di TikTok. Banyak orang tertarik makan Gopchang. Apalagi, makanan dari negeri ginseng yang kerap diperkenalkan oleh Idol Kpop, seperti Hwasa Mamamoo hingga bintang dunia BTS ini juga sudah mulai merambah Indonesia.

Di sejumlah restoran Korea model Korean Barbeque, banyak yang menjajakan Gopchang sebagai salah satu menu andalan mereka. Tapi, sebelum benar-benar mencicip makanan yang konon sangat berlemak itu, alangkah baiknya mengenal lebih jauh, apa itu Gopchang.

Apa itu gopchang?

Nama gopchang memiliki arti yang cukup unik. Gop sendiri berarti lemak hewani, dan gopchang berarti lemak usus hewan. Itu berarti gopchang adalah makanan berlemak yang terbuat dari usus hewan.

Hal ini tentu tidak salah, sebab gopchang memang terbuat dari usus sapi atau babi yang biasanya dipanggang atau digoreng.

Gopchang biasanya dipanggang ala barbekyu di atas bara panas. tapi terkadang gopchang juga disajikan dalam bentuk tumisan dengan bermacam-macam sayuran dalam saus pedas.

Dilansir dari Walk Into Korea, saat mentah, gopchang atau makchang menyerupai coretan kotor berwarna merah muda. Tetapi sebenarnya cukup beraroma dan menarik secara tekstur saat dipanggang dan diiris. Biasanya gopchang akan dipotong menjadi potongan seukuran gigitan yang lebih mudah diatur.

Nama gopchang sebagaimana dilansir dari K-Odyssey digambarkan sebagai bentuk usus yang melingkar dan berkelok. Sebagai salah satu makanan khas Korea, gopchang memiliki bentuk yang mirip tabung. Gopchang juga memiliki serat elastis. Makanan ini disebut kaya akan zat besi dan vitamin.

Saat dimakan, gopchang juga memiliki tekstur yang kenyal, hampir persis saat Anda makan lemak yang dibakar. Gopchang semakin populer karena teksturnya yang unik dan rasanya yang gurih.

Secara khusus, gopchang adalah salah satu lauk representatif yang cocok disantap sambil minum soju, minuman beralkohol dari Korea.

Gopchang sangat populer di hampir semua wilayah Korea Selatan. Gopchang sebagaimana menukil laman Mashed, dianggap sebagai makanan larut malam yang sempurna.

Bagi mereka yang menyukai hidangan ini, perpaduan rasa ditambah kunyahan yang elastis dan kenyal sulit ditemukan pada makanan lain di Korea Selatan. Meski begitu, makanan ini disebut sulit populer di negara lain, terutama di Amerika Serikat.

"Menurut saya usus tidak akan pernah sepopuler itu," kata kritikus makanan Matthew Kangtold "Bahkan jika BTS mempromosikannya."

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER