Kunjungi Taman Ismail Marzuki, Banyak yang Baru Usai Direvitalisasi

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 13:57 WIB
Bagi yang sudah lama tak berkunjung ke Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Pusat, kini banyak hal baru ada di sana seperti perpustakaan, masuknya pun gratis. Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini Jakarta Pusat. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi warga Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan tempat yang ikonik. TIM merupakan pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta yang sempat direvitalisasi, sebelum akhirnya dibuka kembali untuk publik pada 3 Juni 2022.

Setelah direvitalisasi, apakah kamu sudah pernah menyambangi TIM lagi? Kalau belum, tentu kalian penasaran kan dengan wajah baru TIM. Ada apa saja ya di TIM yang sekarang?

TIM kini menjadi bangunan multifungsi atau mixed-use building, yang diharapkan menjadi tempat bagi para seniman tanah air untuk berkarya dan berkreasi lebih luas lagi.

Lokasi Taman Ismail Marzuki terletak di Jalan Cikini Raya No.73, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Untuk para penggemar seni, TIM punya fasilitas gedung teater kecil dan besar.

Selain itu ada pula Gedung Wayang Orang Bharata, Gedung Kesenian Jakarta, Gedung Miss Tjitjih, Galeri Cipta II, Galeri Cipta III, dan Graha Bhakti Budaya, gedung pertunjukan besar yang mampu menampung hingga 1.600 penonton. Ada juga dua gedung bioskop yakni Garden Hall dan Podium, sehingga hang out kamu jadi lebih seru.

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) belakangan mencuri perhatian warga Jakarta. Bukan koleksi buku yang dibicarakan, melainkan desainnya yang estetik dan beda.Perpustakaan Jakarta di TIM. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi)

Sejumlah area baru di Taman Ismail Marzuki sekarang jadi daya tarik tersendiri, salah satunya gedung perpustakaan bernama Perpustakaan Jakarta TIM, dengan desain minimalis kontemporer.

Bangunannya terdiri dari tiga lantai dilengkapi fasilitas ruang membaca, ruang multifungsi, ruang bermain anak, bilik cerita, loker tempat penyimpanan,co-working space, dan ruang siaran untuk podcast.

Kamu juga bisa ke area Gedung Panjang bagi yang hobi membaca. TIM yang sekarang memiliki warna baru, sehingga pengunjung bukan hanya bisa melihat event budaya dan seni.

Interior bangunan, suasana tenang, serta koleksi buku yang lengkap dan menarik bakal membuat kamu betah berlama-lama di Perpustakaan Jakarta TIM. Oh iya, sebelum berkunjung, kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu lewat laman Perpustakaan Jakarta.

Gedung Panjang di TIM memiliki 14 lantai, di mana desainnya tampak berundak-undak, terinspirasi dari not balok pada lagu Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki.

Members of the group Pertunjukan Teater Koma di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. (Foto: AFP/ADEK BERRY)

Bukan hanya itu, kamu juga dapat melihat pameran hasil karya kontemporer dengan beragam tema dari para seniman di Galeri Seni dan Galeri Annex di Gedung Panjang TIM.

TIM buka setiap hari dari mulai pukul 8.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB dan untuk masuk ke tempat ini pun tidak dipungut biaya. Kamu juga bisa mengecek event-event di TIM dengan mengunjungi media sosial resminya.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER