Gejala Covid yang Sering Diabaikan, Batuk Tanpa Alasan

CNN Indonesia
Minggu, 04 Des 2022 09:01 WIB
Tren kasus covid-19 meningkat. Jangan abaikan gejala, mengingat gejala semakin beragam akibat infeksi subvarian yang terus berkembang. Tren kasus covid-19 meningkat. Jangan abaikan gejala, mengingat gejala semakin beragam akibat infeksi subvarian yang terus berkembang. (iStockphoto/Kiwis).
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren kasus covid-19 di Indonesia terpantau meningkat. Selain protokol kesehatan harus tetap ketat, Anda juga perlu mewaspadai gejala covid-19, terlebih ada beberapa gejala yang sering diabaikan.

Gejala covid-19 semakin beragam. Gejala-gejala ini memang terbilang ringan dan mirip dengan penyakit-penyakit yang umum dialami masyarakat. Namun, setelah menjalani tes, sering kali ternyata gejala itu bukan karena masuk angin atau flu biasa, melainkan covid-19.

Oleh karenanya, berikut gejala covid yang sering diabaikan dan perlu diwaspadai.

1. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Di musim hujan seperti sekarang, sakit tenggorokan dikaitkan dengan masuk angin atau selesma. Padahal, sakit tenggorokan jadi salah satu gejala covid-19.

Pada orang yang terpapar covid-19, banyak yang mengeluhkan sakit tenggorokan meskipun tidak disertai batuk. Umumnya batuk kering, salah satu gejala covid terbaru, diikuti sakit tenggorokan. Namun, ada pula yang merasakan sakit tenggorokan tanpa didahului batuk.

2. Kelelahan

Setelah beraktivitas, tentu orang merasa lelah. Padahal, kelelahan tak boleh dianggap sepele sebab ini salah satu gejala covid-19.

Infeksi subvarian BN.1 disebut memicu kelelahan. Rasa lelah luar biasa bisa timbul meski aktivitas yang dilakukan tidak seberapa berat. Kadang kelelahan muncul tanpa ada penyebab.

3. Batuk

Batuk dipicu berbagai alasan termasuk udara kotor, asap rokok, atau benda asing yang tak sengaja masuk saluran napas. Karena banyak kemungkinan penyebab, batuk jadi salah satu gejala covid-19 yang sering diabaikan.

Yang perlu jadi catatan, batuk bisa muncul tanpa alasan atau penyebab. Sebaiknya batuk tak lagi dianggap sepele.

4. Pilek

Cuaca yang serba tak pasti bisa membuat badan kurang fit dan sebagian orang mengalami pilek. Sebaiknya Anda tidak abai dengan pilek sebab bisa jadi Anda terpapar covid-19.

Cukup sulit membedakan pilek akibat covid-19 dan pilek akibat flu biasa. Anda harus melakukan tes swab (antigen atau PCR) untuk memastikan.

5. Nyeri otot atau sendi

Seperti kelelahan, nyeri otot atau sendi kerap disepelekan. Padahal, gejala satu ini bisa jadi mengarah pada covid-19. Covid-19 varian baru juga mampu memicu gejala nyeri otot dan sendi.

6. Sakit kepala

Gejala covid varian terbaru sebenarnya tidak beda jauh dengan varian-varian sebelumnya. Salah satu gejala yang kerap diabaikan adalah sakit kepala.

Bagaimana membedakan sakit kepala akibat covid dengan sakit kepala lain? Umumnya sakit kepala akibat covid-19 disebut memiliki sensasi berdenyut dan pusing.

(els/bir)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER