Daftar Makanan Pedas Terbaik di Dunia Versi CNN, Dua dari Indonesia

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 12:15 WIB
Rendang dan ayam betutu masuk dalam daftar makanan pedas terbaik di dunia versi CNN. Ilustrasi. Ayam betutu masuk dalam daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN. (iStockphoto/MielPhotos2008)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak sedikit orang yang menyukai makanan pedas. Sensasi panas yang muncul dirasa begitu menggoda di lidah.

CNN merilis daftar 20 makanan pedas terenak di dunia. Indonesia patut berbangga, karena dua sajian khasnya masuk dalam daftar tersebut.

"Makanan pedas, atau setidaknya makanan berbumbu, jelas mendahului ide negara dan masakan mereka dalam waktu yang sangat lama," kata penulis India Saurav Dutt, yang menulis buku tentang makanan paling pedas di anak benua India.

Rasa pedas memang tak cuma berasal dari cabai. Ada rempah lain yang turut berkontribusi pada rasa pedas yang dihasilkan.

Dua Makanan Indonesia

Rendang dan ayam betutu masuk dalam daftar makanan pedas terbaik di dunia versi CNN. Dituliskan bahwa rendang dihidangkan dengan jeruk purut, santan, adas bintang, dan cabai merah.

"Makanan ini sering disajikan untuk para tamu dan disajikan selama acara besar," tulis CNN.

Rendang sendiri merupakan makanan khas asal Sumatra Barat. Dibuat dari potongan daging sapi yang dibumbui oleh berbagai rempah.

Proses memasaknya yang membutuhkan waktu berjam-jam membuat rendang begitu spesial. Rendang dimasak dengan api kecil selama hitungan jam hingga daging dan bumbu berwarna hitam pekat.

Di Indonesia, rendang jadi makanan yang selalu disajikan saat Lebaran. Hidangan Lebaran tanpa rendang rasanya tak lengkap.

Bandung, Indonesian - September 23, 2021 : Rendang padang cuisine, IndonesiaIlustrasi. Rendang masuk dalam daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN. (iStockphoto/Irham Rizki)

Selain rendang, ayam betutu khas Bali juga jadi salah satu makanan terbaik dalam daftar ini. CNN menulis bahwa hidangan ini terbuat dari daging ayam utuh yang diisi dengan bumbu rempah yang sangat aromatik.

Bumbu betutu sendiri biasanya mencakup cabai, lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan terasi. Perpaduan semuanya membuat aroma ayam betutu begitu khas.

Ayam kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Saat itu, aroma rempah akan keluar dan membumbui ayam secara maksimal.

Ayam betutu sering disajikan dalam upacara keagamaan di Bali. Namun, Anda juga bisa menemukannya di sejumlah restoran di Indonesia.

Simak daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN di halaman berikutnya..

Daftar Makanan Pedas Terbaik di Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER