9 Tanaman yang Dibenci Nyamuk, Cocok Dihadirkan saat Musim Hujan

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 31 Des 2022 14:00 WIB
Musim hujan membuat jumlah nyamuk lebih banyak dari biasanya. Usir dengan tanaman yang dibenci nyamuk di rumah. Ilustrasi. Tanaman yang dibenci nyamuk (Foto: iStockphoto/Noppharat05081977)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim hujan membuat jumlah nyamuk lebih banyak dari biasanya. Untuk mencegah terkena penyakit yang disebabkan oleh serangga ini, Anda bisa menghadirkan tanaman yang dibenci nyamuk di rumah.

Tanaman-tanaman tersebut memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Menggunakan tanaman sebagai pengusir nyamuk juga dapat dipilih sebagai langkah alami yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Tidak hanya dapat menjaga lingkungan sekitar tetap bersih, menggunakan tanaman pengusir nyamuk juga dapat sekaligus menjadi dekorasi yang cantik di rumah. Udara juga jadi terasa lebih bersih.

Di bawah ini adalah sejumlah tanaman pengusir nyamuk yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Allium

Allium merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian dan tidak disukai nyamuk. Sama halnya seperti bawang putih dan bawang bombai, allium mengeluarkan aroma yang kuat.

Selain sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga cantik menghiasi sudut ruang. Bunga allium memiliki bentuk unik dengan bola warna putih dan tampak mengambang di atas batang yang panjang dan ramping.

2. Basil

Ilustrasi tumbuhan basilIlustrasi. Tanaman yang dibenci nyamuk, salah satunya basil (Foto: Pixabay/tookapic)

Melansir laman Eatingwell, basil merupakan tanaman yang dibenci nyamuk karena memiliki aroma yang kuat dan khas. Tanaman ini memiliki aroma yang menyengat bagi serangga sehingga dapat dihadirkan di rumah untuk mengusir tak hanya nyamuk tetapi juga lalat dan kecoak.

Basil dapat ditanam dalam pot berukuran kecil atau sedang dan ditempatkan di sekitar rumah untuk membantu mengendalikan populasi nyamuk di musim hujan.

3. Catnip

Catnip merupakan tanaman yang tidak disukai serangga. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat nepetalactone yang efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga.

Tanaman ini memiliki aroma yang kuat dan mudah menyebar sehingga ditakuti nyamuk.

4. Geranium

Geranium merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk karena memiliki aroma yang kuat. Hal tersebut juga membuat geranium kerap digunakan sebagai bahan untuk wewangian, sabun, hingga salep.

Selain dapat mengusir nyamuk, geranium memiliki bentuk bunga yang indah dan aneka warna sehingga cocok untuk dekorasi rumah.

5. Lavender

Close Up of Beautiful Lavender blooming in early summer on a sunny day with soft background bokehIlustrasi. Tanaman yang dibenci nyamuk, salah satunya lavender (Foto: Istockphoto/nailiaschwarz)

Tanaman yang dibenci nyamuk selanjutnya adalah lavender. Tanaman dengan bunga berwarna ungu ini mengandung minyak asiri pada kuncup bunganya yang aromanya tidak disukai nyamuk.

Lavender sendiri merupakan tanaman yang dapat bertahan di berbagai iklim. Namun pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup agar tetap tumbuh dengan subur.

6. Marigold

Lantana camara atau dikenal juga dengan marigold cukup ampuh membasmi nyamuk. Senyawa fitokimia dan pyrethrum pada tanaman ini sangat ditakuti oleh nyamuk.

Selain dapat mengusir nyamuk, bunga ini juga dapat mengusir serangga yang memangsa tanaman tomat.

7. Mint

Merujuk laman Nurserylive, tanaman yang tidak disukai nyamuk berikutnya adalah mint. Tanaman ini memiliki aroma mentol yang mampu mengusir dan mengendalikan nyamuk serta berbagai serangga dan hama lainnya.

Ada banyak manfaat menanam daun mint di rumah, selain dapat mengusir nyamuk dan penghias rumah, daun mint juga dapat digunakan sebagai pelengkap minuman.

8. Rosemary

Woman holding a flowerpot of growing rosemary in her hand.Ilustrasi. Tanaman yang dibenci nyamuk, salah satunya rosemary (Foto: iStockphoto/pcess609)

Rosemary merupakan tanaman herbal beraroma kayu yang memiliki tampilan unik. Jadi, selain dapat mengusir nyamuk tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah.

Selain itu, rosemary juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedap makanan.

9. Serai

Terakhir adalah tanaman serai yang memiliki aroma kuat dan tidak disukai nyamuk. Kandungan sitronela yang terdapat dalam serai dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Anda dapat menanamnya di dalam pot atau di taman sekitar rumah. Selain dapat mengusir serangga, serai juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Demikian sejumlah tanaman yang dibenci nyamuk. Semoga bermanfaat.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER