7 Rekomendasi Buah untuk Diet Golongan Darah A

tim | CNN Indonesia
Jumat, 06 Jan 2023 15:00 WIB
Berikut rekomendasi buah yang baik dikonsumsi pemilik golongan darah A berdasarkan teori diet golongan darah. Ilustrasi. Rekomendasi buah untuk diet golongan darah A. (jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilik golongan darah A dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang alami dan organik, salah satunya dengan makan buah-buahan segar.

Berikut rekomendasi buah untuk diet golongan darah A berdasarkan teori diet golongan darah.


Diet golongan darah adalah pola diet yang menyarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu sesuai jenis golongan darahnya.

Menurut penggagas diet golongan darah yakni dokter naturopati James L. D'Adamo dalam laman Healthline, makanan yang berbahaya bagi golongan darah dapat menyebabkan reaksi aglutinasi.

Reaksi aglutinasi ini bisa membuat sel darah saling menempel dan meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

Selain mempunyai pengaruh supaya terhindar dari risiko penyakit kronis, diet golongan darah dapat membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Tipe Makanan Golongan Darah A

Dilansir dari Livestrong, D'Adamo memberikan rekomendasi pola makan vegetarian untuk pemilik golongan darah A.

Jenis makanan yang dimakan tidak akan sama dengan jenis golongan darah lain seperti B, O, atau AB. Terutama sayuran dan buah-buahan, sebaiknya memilih yang jenis organik lantaran bebas bahan kimia.

Lebih lanjut D'Adamo menyebut bahwa makanan organik bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada golongan darah A yang cenderung sensitif.

Selain sayur dan buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan juga boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.


Buah untuk Diet Golongan Darah A

Buah AprikotIlustrasi aprikot. Buah untuk diet golongan darah A (MorgueFile/MaxStraeten)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi buah yang bermanfaat untuk golongan darah A. Buah-buahan ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Aprikot

Buah aprikot berukuran 100 gram mengandung 48 kalori. Mengonsumsi aprikot dapat menekan rasa lapar hingga beberapa jam.

Aprikot merupakan sumber beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, semua itu merupakan golongan antioksidan kuat yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas.


2. Stroberi

Mengonsumsi stroberi dapat membantu melindungi jantung serta mencegah kanker. Stroberi ini termasuk buah rendah kalori karena bebas natrium.

Vitamin C di dalam stroberi terbilang cukup tinggi, kaya akan antioksidan dan senyawa tumbuhan lain yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah.


3. Lemon

Ilustrasi LemonIlustrasi. Rekomendasi buah yang baik untuk diet golongan darah A salah satunya lemon (Miradeshazer/Pixabay)

Lemon sangat terkenal akan vitamin C serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, lemon mengandung sejumlah serat dan senyawa tumbuhan.

Zat pektin pada lemon mempunyai manfaat sebagai obat mengatasi diare, sedangkan nutrisi lainnya berperan dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.


4. Buah beri

Buah beri seperti raspberry dan bluberi cocok dikonsumsi bagi yang menjalani diet golongan darah A karena berserat tinggi serta bisa menekan rasa lapar.

Satu studi menemukan bahwa senyawa flavonoid, yaitu antioksidan pada buah beri dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.


5. Ceri

Ceri adalah buah yang kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan seperti beta-karoten serta kolin.

Polifenol pada ceri termasuk jenis antioksidan untuk mencegah kerusakan oksidatif, yaitu ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi secara alami.


6. Plum

raw plums in a plate on a brown wooden background. place for textIlustrasi. Rekomendasi buah untuk diet golongan darah A salah satunya plum (iStockphoto/Sanny11)

Orang yang menjalani diet golongan darah A dianjurkan mengonsumsi buah plum, karena bermanfaat mengurangi peradangan dan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Plum mempunyai kadar antioksidan tinggi yaitu polifenol, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang sekaligus membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.


7. Nanas

Nanas adalah buah yang baik untuk diet golongan darah A karena rendah kalori, bahkan, karbohidrat di dalamnya berfungsi baik untuk menjaga kesehatan otak.

Sementara antioksidan dari nanas bisa mengatasi stres oksidatif, meredakan peradangan, sekaligus menyeimbangkan kerusakan sel di dalam tubuh.

Selain makan buah untuk diet golongan darah A atau mengonsumsi makanan organik, D'Adamo menyarankan olahraga seperti yoga atau tai chi agar hasilnya maksimal.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER