7 Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Aman di Rumah

CNN Indonesia
Selasa, 17 Jan 2023 15:00 WIB
Panu adalah penyakit berupa bercak berwarna putih yang muncul di permukaan kulit. Simak cara menghilangkan panu dengan cepat. Ilustrasi. Cara menghilangkan panu dengan cepat (WSNNY/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panu adalah penyakit berupa bercak berwarna putih yang muncul di permukaan kulit. Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan memengaruhi kepercayaan diri. Lantas, adakah cara menghilangkan panu dengan cepat?

Sebelum mengetahui cara menghilangkannya, sebaiknya Anda mengetahui dahulu apa penyebab dari kondisi kulit ini.

Dokter kulit Yoram Harth dalam situs Everydayhealth mengatakan panu merupakan sejenis infeksi jamur yang muncul di kulit. "Panu atau tinea versicolor adalah kelainan kulit yang umumnya disebabkan oleh jamur Malassezia furfur," ujarnya.

Jamur tersebut mengubah pigmentasi normal kulit sehingga menghasilkan bercak berwarna putih. Meski tidak berbahaya dan tidak menular, tetapi hal ini dapat membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri.

Penyebab Panu

Closeup girl is scratching her hand with nails. Reddened, inflamed body parts causes discomfort and itching. Young woman is suffering from bouts of allergies. Dermatological skin diseases concept.Ilustrasi. Penyebab dan cara menghilangkan panu dengan cepat (Foto: IStockphoto/monstArrr_)

Melansir Clevelandclinic, terdapat beberapa hal yang dapat memicu jamur tumbuh di kulit dan tidak terkendali sehingga menyebabkan panu, seperti:

  • perubahan hormon,
  • sistem kekebalan tubuh sedang lemah,
  • cuaca panas dan lembap,
  • berkeringat, dan
  • kulit berminyak.

Gejala Panu

Untuk memastikan apakah perubahan warna kulit yang dialami Anda adalah panu atau bukan, Anda bisa mengetahuin gejalanya berikut:

  1. Terjadi perubahan warna kulit di area tubuh seperti punggung, dada, atau perut.
  2. Bercak dapat berwarna merah muda, kuning, cokelat, atau putih.
  3. Gatal pada area sekitar kulit yang terkena panu dan bisa mengering lalu bersisik.
  4. Berkeringat berlebihan.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Panu dapat diobati secara mandiri di rumah dengan bahan-bahan alami dan sederhana. Tidak ada salahnya mencoba pengobatan ini, karena selain caranya mudah, perawatan ini termasuk aman.

1. Air dan sabun

Merujuk Pharmeasy, Anda bisa membersihkan area kulit yang terkena panu dengan sabun dan air sebanyak dua kali sehari. Lakukan cara ini sebelum menerapkan pengobatan, tujuannya untuk mengontrol penyebaran infeksi.

Sabun dan air memang tidak selalu dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya. Namun, hal ini dapat membantu menjaga penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

2. Minyak kelapa

Spa still life with coconut and massage oilIlustrasi. Cara menghilangkan panu dengan cepat, salah satunya minyak kelapa (Foto: iStockphoto/katerinasergeevna)

Minyak kelapa mempunyai kemampuan untuk melawan jamur. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke permukaan kulit yang terkena panu.

Anda dapat menggunakannya sebanyak tiga kali sehari untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang.

3. Cuka apel

Melansir laman Verywellhealth, cuka apel dapat dimanfaatkan untuk mengatasi panu. Cuka apel mempunyai sifat antijamur yang bermanfaat untuk melawan jamur penyebab panu.

Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dengan air hangat. Kemudian celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu.

4. Madu dan minyak zaitun

Madu juga dapat menjadi pengobatan alami untuk masalah panu. Anda dapat membuat salep dengan campuran madu dan minyak zaitun.

Setelah mencampurkan keduanya secara merata, oleskan salep tersebut pada permukaan kulit yang terkena panu selama 30 menit, lalu cuci dengan air bersih.

5. Lidah buaya

Aloe vera sliced and aloevera gel on wood table background.Ilustrasi. Cara menghilangkan panu dengan cepat, salah satunya lidah buaya (Foto: iStockphoto/Everyday better to do everything)

Lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu secara efektif. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena panu secara rutin.

Selain dapat menyembuhkan, lidah buaya juga memiliki efek menenangkan pada kulit.

6. Kunyit

Panu terkadang menimbulkan rasa gatal, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kunyit. Pasalnya, kunyit dapat mengurangi rasa gatal dan juga pigmentasi.

Caranya dengan mengoleskan bubuk pasta yang telah ditambah air hingga menyerupai pasta, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu.

7. Soda kue

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengobati panu adalah baking soda atau soda kue. Soda kue mampu menyerap kelembapan dan keringat yang timbul di permukaan kulit, sehingga mencegah panu menyebar semakin luas.

Anda bisa mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga menyerupai pasta. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu.

Itulah cara menghilangkan panu dengan cepat dan aman yang dapat Anda coba di rumah. Apabila pengobatan yang dilakukan secara mandiri tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit.

(juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER