10 Kebiasaan Pemicu Sakit Pinggang, Sering Angkat Beban Berat

CNN Indonesia
Selasa, 17 Jan 2023 12:00 WIB
Hindari kebiasaan pemicu sakit pinggang berikut agar postur tubuh Anda tidak rusak dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Ilustrasi. Hindari kebiasaan pemicu sakit pinggang berikut agar postur tubuh Anda tidak rusak dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. (iStockphoto/SrdjanPav)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa kebiasaan sehari-hari rupanya dapat menyebabkan sakit pinggang. Padahal, pinggang merupakan sendi yang memiliki peranan penting bagi tubuh, seperti menopang badan hingga beraktivitas.

Maka dari itu, penting untuk mulai menghindari kebiasaan pemicu sakit pinggang agar postur tubuh tidak rusak. Begitu juga dengan aktivitas sehari-hari, biar tidak terganggu dan berjalan lancar.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan ini perlu dihindari karena studi mengungkap sekitar 80 persen orang pernah atau akan mengalami sakit pinggang dalam hidupnya.

Umumnya, risiko ini terjadi karena kebiasaan yang dapat memicu sakit pinggang. Risiko ini jadi fatal karena kebiasaan tersebut dilakukan sehari-hari.

Berikut 10 kebiasaan yang bisa memicu rasa sakit di pinggang, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kurang tidur

Dilansir dari laman Healthtalk, durasi tidur yang kurang dari batas normal dapat memicu sakit pinggang. Sebab, tidur merupakan masa untuk mengistirahatkan tubuh, termasuk pinggang.

Ketika pinggang kurang istirahat, ia juga bisa sakit. Maka tak heran, ketika kurang tidur, pinggang berasa tegang, nyeri, dan kaku.


2. Salah posisi tidur

Ilustrasi tidur siangIlustrasi. Kebiasaan pemicu sakit pinggang salah satunya salah posisi tidur. (iStock/fizkes)

Tak hanya kurang tidur, tidur dalam posisi yang salah juga bisa membuat pinggang sakit karena pinggang jadi tidak bisa istirahat. Posisi tidur yang ideal untuk mengistirahatkan tubuh adalah telentang atau tidur miring.

Bahkan, Anda juga bisa menyelipkan bantal di antara lutut untuk menjaga kondisi tulang belakang. Selain salah posisi tidur, tidur di kasur yang terlalu keras dan terlalu empuk juga bisa memicu sakit pinggang.


3. Angkat beban berat

Saat mengangkat beban berat, lutut kaki sebaiknya menekuk, punggung lurus, kepala menghadap ke depan, dan beban berada di dekat tubuh. Ini merupakan posisi yang tepat untuk mengangkat beban.

Namun terkadang posisi tubuh tidak demikian ketika mengangkat beban berat sehingga salah tumpuan dan membuat pinggang menopang kelebihan beban. Hal ini kemudian membuat sakit pinggang.


4. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama ternyata merupakan kebiasaan pemicu sakit pinggang. Soalnya ketika duduk terlalu lama, maka otot dan sendi jadi kaku serta memicu nyeri pada pinggang.

Biasanya, orang sering duduk terlalu lama karena terlalu fokus bekerja dan belajar. Namun, hal ini ternyata tidak boleh dilakukan.

Ketika perlu duduk terlalu lama, cobalah bangun kemudian berdiri, berjalan, dan melakukan peregangan setiap 30-60 menit sekali. Hal ini akan membuat otot dan sendi pinggang tidak mudah kaku dan nyeri.


5. Sering membungkuk

Beautiful young Caucasian woman moving into her new home and starting a new life, thinking how to start her unpacking, checking her houseplants while using a smart phoneIlustrasi. Kebiasaan pemicu sakit pinggang salah satunya sering membungkuk (iStockphoto/humanmade)

Postur tubuh yang buruk seperti sering membungkuk juga bisa membuat pinggang sakit. Soalnya, posisi ini memberi tekanan lebih ke tulang belakang.

Bahkan, tekanan pada tulang belakang bukan saja menyakitkan pinggang, namun juga bisa mengubah anatomi tulang belakang. Untuk itu, sebaiknya mulai perbaiki postur tubuh Anda.


6. Jarang berolahraga

Studi menunjukkan olahraga dapat meningkatkan stabilitas otot pinggang. Maka tak heran, jika jarang berolahraga atau bahkan tidak sama sekali akan membuat otot jadi kaku, sehingga rentan sakit pinggang.


7. Jarang kena sinar matahari

Siapa sangka jarang kena sinar matahari bisa menyebabkan sakit pinggang? Rupanya hal ini bisa terjadi karena ketika jarang terkena sinar matahari, maka tubuh akan kekurangan vitamin D.

Padahal, vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Ketika kekurangan kalsium, tubuh akan mudah merasa nyeri, termasuk di area pinggang.

Maka dari itu, coba mulai rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 10 menit per sesi. Anda bisa melakukan ini sekitar 2-3 kali per minggu.


8. Pakai sepatu hak tinggi

Woman wearing yellow heels sandals outdoorsIlustrasi. Kebiasaan pemicu sakit pinggang salah satunya sering pakai sepatu atau sandal berhak tinggi (iStockphoto/ASashka)

Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi akan memberi tekanan ke kaki dan tulang belakang, khususnya sepatu dengan tinggi hak di atas 5 cm.

Akibatnya, pinggang pun jadi sakit. Begitu juga dengan betis hingga jari-jari kaki. Solusinya, pakailah sepatu hak yang tidak lebih dari 3 cm dan tidak berujung lancip.


9. Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok rupanya dapat memicu sakit pinggang. Nikotin yang masuk ke tubuh akan membatasi aliran darah ke cakram yang melindungi tulang belakang.

Selain itu, nikotin juga menghambat regenerasi bantalan tulang belakang. Ketika bantalan hilang, maka mudah terkena sakit pinggang.


10. Sering menarik dan mendorong

Aktivitas yang membuat tubuh sering menarik dan mendorong rupanya termasuk kebiasaan pemicu sakit pinggang.

Soalnya, kedua aktivitas ini membuat tubuh bertumpu pada tulang punggung. Dampaknya, tulang pinggul kelelahan dan memicu sakit di area pinggang.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER